Dark/Light Mode

UN Women Gelar WEPs Awards 2024, Apresiasi Perusahaan Dukung Kesetaraan Gender

Senin, 10 Juni 2024 22:13 WIB
Ilustrasi tenaga kerja dari kalangan perempuan. Foto: Khairizal Anwar/RM
Ilustrasi tenaga kerja dari kalangan perempuan. Foto: Khairizal Anwar/RM

RM.id  Rakyat Merdeka - UN Women Indonesia resmi membuka pendaftaran UN Women Indonesia Women's Empowerment Principles Awards (WEPs Awards) 2024. Acara ini didukung oleh Departemen Luar Negeri dan Perdagangan Australia (DFAT) dan Uni Eropa.

Penghargaan ini menjadi ajang apresiasi bagi perusahaan dan sektor bisnis yang telah menunjukkan komitmen dan aksi nyata dalam mewujudkan kesetaraan gender di lingkungan kerja.

Country Representative OiC, UN Women Indonesia Dwi Faiz menjelaskan bahwa WEPs Awards Asia-Pasifik adalah satu-satunya penghargaan tingkat regional yang mengakui inisiatif dan praktik baik dari sektor swasta untuk mendukung kesetaraan gender yang selaras dengan Prinsip-Prinsip Pemberdayaan Perempuan (WEPs). 

Menurutnya, kesetaraan gender telah memberikan kontribusi yang signifikan dalam memajukan perekonomian dan pembangunan berkelanjutan. Namun, masih terdapat hambatan bagi perempuan untuk berpartisipasi dan berkontribusi secara setara dalam pembangunan ekonomi. 

"Mencapai pemberdayaan ekonomi perempuan berarti menghilangkan hambatan dan membuka kesempatan di berbagai tingkatan," ujar Dwi Faiz dalam siaran persnya, yang diterima RM.ID, Senin (10/6).

Baca juga : Askrindo PAUD Indonesia Awards 2024 Apresiasi Guru PAUD Berprestasi

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), partisipasi angkatan kerja perempuan mencapai 54,52 perswn pada tahun 2023, jauh di bawah jumlah angkatan kerja laki-laki yang mencapai 83,98 persen. Selain itu, hanya 32,26 persen perempuan di Indonesia yang menduduki posisi manajerial pada tahun 2022. 

Tantangan seperti diskriminasi di tempat kerja, segregasi pekerjaan, dan tanggung jawab perawatan tak berbayar yang tidak proporsional masih menghambat perempuan di tempat kerja dan dalam memasuki dunia kerja.

"Hal ini juga berarti memobilisasi dukungan dari berbagai pihak, termasuk sektor swasta dan bisnis, untuk mencapai tujuan ini," sambungnya.

Ia melanjutkan, WEPs Awards bisa menjadi momentum untuk mengakui peran sektor swasta dan bisnis dalam memastikan akses, upah, dan kesempatan yang setara dalam mewujudkan potensi ekonomi perempuan.

"Di saat yang bersamaan menginspirasi lainnya untuk membangun landasan bagi kesetaraan gender di tempat kerja, pasar, dan komunitas," terangnya.

Baca juga : Tak Kerahkan Massa, Hasto Hadapi Persoalan Hukum Sendirian

WEPs Awards 2024 terdiri dari enam kategori, mencakup berbagai aspek kesetaraan gender. Di antaranya; pembiayaan inovatif, komitmen dan tindakan kepemimpinan, tempat kerja yang inklusif gender, tempat kerja yang responsif gender, pelibatan masyarakat dan kerja sama kemitraan serta transparansi dan pelaporan.

Selain itu, penghargaan khusus juga akan diberikan kepada tiga usaha kecil dan menengah (UKM) yang menunjukkan keselarasan kuat dengan Prinsip-Prinsip Pemberdayaan Perempuan.

Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia dan Brunei Darussalam, H.E. Denis Chaibi, menekankan pentingnya kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan untuk masyarakat berkembang.

"Selain manfaat ekonomi, mendorong kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan dalam bisnis juga akan memelihara masyarakat yang lebih inklusif, adil, dan kohesif di mana setiap orang mempunyai kesempatan lebih besar untuk sukses," ujarnya.

Wirausahawan, wirausaha sosial, UKM, perusahaan nasional dan multinasional, asosiasi industri, bursa saham, dan kamar dagang dapat menominasikan inisiatif teladan mereka dengan mengisi formulir online di bit.ly/daftarwepsawards2024. 

Baca juga : Gelar TEMANI, PPI Edukasikan Pertanian Ke Kelompok Tani Di Kendari

Pendaftaran WEPs Awards 2024 dibuka hingga 30 Juni 2024. Para pemenang akan diumumkan pada Oktober 2024 dalam acara penghargaan di Jakarta. 

Pemenang Penghargaan WEPs Awards Indonesia akan maju ke tahap selanjutnya dan bersaing dengan perusahaan lainnya di Asia-Pasifik untuk dipilih sebagai pemenang regional. 

Informasi lebih lanjut mengenai penghargaan ini dapat diakses melalui situs web resmi asiapacificwepsawards.org.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.