Dark/Light Mode

Peringatan Dini Tsunami Sudah Dicabut

Dalam 30 Menit, Jailolo 3 Kali Diguncang Gempa

Jumat, 15 November 2019 05:51 WIB
Peringatan Dini Tsunami Sudah Dicabut Dalam 30 Menit, Jailolo 3 Kali Diguncang Gempa

RM.id  Rakyat Merdeka - Wilayah Jailolo Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara, sudah tiga kali gempa bumi dalam kurun waktu sekitar 30 menit, pada Jumat (15/11) pagi.

Kini gempa bumi berkekuatan Magnitudo 5,3 mengguncang Jailolo pada pukul 04.37 WIB, berdasarkan laman dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Gempa itu tak berpotensi tsunami.

Lokasi gempa berada pada 1.49 Lintang Utara, 126.39 Bujur Timur (137 kilometer Barat Laut Jailolo-Maluku Utara) dengan kedalaman 10 kilometer.

Baca juga : Jailolo, Maluku Utara Diguncang Gempa M5,9

Peringatan Dini Tsunami Sudah Berakhir

BMKG telah mencabut peringatan tsunami  yang dipicu oleh gempa bumi bermagnitudo 7,1 yang mengguncang Pantai Jailolo.

"Yang diwaspadai sekarang ini adalah gempa-gempa susulan. Karena diperkirakan gempa-gempa susulan akan terus terjadi. Namun, masyarakat harus tetap tenang," kata Kepala Pusat Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, Dwikorita Karnawati saat jumpa pers di Kantor BMKG, Jakarta, Jumat (15/11) dinihari.

Baca juga : Malam Ini, Jembrana Sudah 2x Diguncang Gempa

BMKG pun telah mencatat terjadi 28 kali gempa susulan pascagempa bumi berkekuatan Magnitudo 7,1 yang terjadi di Jailolo, Maluku Utara pada Kamis (14/11) pukul 23.17 WIB.

"BMKG mencatat hingga pukul 01.53 WIB telah terjadi gempa susulan sebanyak 28 kali," katanya.

Menurut Dwikorita, kekuatan gempa tektonik itu bervariasi, yang terkecil Magnitudo 3,2 dan terbesar Magnitudo 5,9. Namun demikian, pihaknya akan terus melakukan monitoring gempa-gempa susulan yang akan terjadi. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.