Dark/Light Mode

Pecah Rekor! Jumlah Penumpang Kereta Cepat Whoosh Meroket Saat Libur Sekolah

Jumat, 28 Juni 2024 17:17 WIB
Ilustrasi kereta cepat Whoosh. Foto: KCIC
Ilustrasi kereta cepat Whoosh. Foto: KCIC

RM.id  Rakyat Merdeka - Kereta Cepat Whoosh baru-baru ini memecahkan rekor baru, jumlah penumpang harian tertinggi sejak beroperasi secara komersial. Rekor itu terjadi saat musim libur sekolah kali ini.

Tepatnya, pada hari Kamis (27/6) kemarin. Sebanyak 22.249 penumpang menikmati layanan Whoosh.

Dari total penumpang itu, sebanyak 11.482 penumpang berangkat dari Stasiun Halim. Lalu 8.123 penumpang, berangkat dari Stasiun Padalarang. Sisanya, 2.644 penumpang dari Stasiun Tegalluar.

Baca juga : Kartu Langganan Kereta Cepat Whoosh Kini Bisa Dibeli Di Semua Stasiun

"KCIC berterima kasih kepada seluruh masyarakat yang sudah menggunakan Whoosh," ungkap General Manager Corporate Secretary KCIC, Eva Chairunisa dalam keterangannya, Jumat (28/6).

Antrean penumpang kereta cepat Whoosh. Foto: KCIC

Ia menyampaikan, sejak beroperasi pada 17 Oktober 2023, Whoosh telah melayani 3,5 juta penumpang. Angka ini menunjukkan kepercayaan masyarakat yang terhadap Whoosh sebagai moda pilihan transportasi cukup tinggi.

"Hal tersebut akan terus kami jaga untuk meningkatkan pelayanan Whoosh baik di Stasiun dan perjalanan," lanjutnya.

Baca juga : Tips Perjalanan Nyaman Saat Liburan Sekolah

Peningkatan jumlah penumpang juga didukung oleh berbagai inovasi yang dihadirkan Whoosh, seperti batal dan ubah jadwal secara online, tarif dinamis, layanan pemesanan rombongan, Frequent Whooser Card, Contact Center yang responsif, kerjasama destinasi wisata, serta integrasi antarmoda yang terus bertambah.

Rata-rata, jumlah penumpang Whoosh mencapai 17,2 ribu penumpang per hari. Jumlah ini meningkat 3 persen jika dibandingkan rata rata harian penumpang di bulan Mei sebanyak 16,7 ribu atau meningkat 26 persen jika dibandingkan bulan April sebanyak 13,6 ribu penumpang per hari.

Eva menjelaskan, peningkatan ini juga didukung melalui penambahan perjalanan Whoosh Secara bertahap. Dari 14 perjalanan, 28 perjalanan, 36 perjalanan, 40 perjalanan, hingga 48 perjalanan perhari sejak Desember 2023.

Baca juga : Ancol Taman Impian Hadirkan Keajaiban Saat Momen Liburan Sekolah

"Perjalanan yang singkat, nyaman, serta memiliki ketepatan waktu yang tinggi menjadi nilai tambah kenapa masyarakat memilih Whoosh," tutur Eva.

Suasana di salah satu stasiun kereta cepat Whoosh. Foto: KCIC 

KCIC berkomitmen untuk terus berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk menghadirkan inovasi dan peningkatan layanan. 

"Harapannya, akan semakin banyak masyarakat yang akan beralih dari transportasi pribadi ke transportasi publik yang ramah lingkungan," tutup Eva.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.