Dark/Light Mode

Dapat Anugerah Asian of The Year 2019, Jokowi: Ini untuk Indonesia

Kamis, 5 Desember 2019 15:09 WIB
Halaman utama The Straits Times yang memuat ulasan tentang Jokowi (Foto: Istimewa)
Halaman utama The Straits Times yang memuat ulasan tentang Jokowi (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi mendapatkan anugerah Asian of The Year 2019 dari The Straits Times. Dalam halaman utama media Singapura tersebut, Kamis (05/12), The Straits Times menyebut Jokowi sosok pemersatu di tengah disrupsi dan kekacauan yang tengah terjadi di dunia.      

Dalam ulasannya, Jokowi disebut merupakan presiden pertama Indonesia yang tidak berasal dari kalangan elite politik maupun militer. Presiden ketujuh Indonesia juga disebut dipilih karena ketangkasannya menghadapi dan memimpin rumitnya persoalan, baik yang terjadi di dalam maupun luar negeri.      

Selain itu, mantan Gubernur DKI Jakarta  dinilai berhasil memperkuat dan mengonsolidasi posisi politiknya, baik di level domestik. Ini dibuktikan oleh kemenangan meyakinkan pada Pilpres April lalu. Selanjutnya, dia juga mendapat perhatian di dunia internasional dengan menelurkan gagasan ASEAN Outlook.    

Pemimpin redaksi The Straits Times, Warren Fernandez, menjelaskan, pria kelahiran Solo ini telah berkontribusi untuk Asia dengan cemerlang. Jokowi dianggap telah menyatukan dan terus membawa Indonesia melangkah ke depan.      

Baca juga : Jokowi Berterima Kasih Jadi Asian of The Year 2019 Straits Times Singapura

"Ada pun di ASEAN, masih ada banyak ruang bagi Jokowi untuk mengarahkannya lebih jauh jika Jokowi menggunakan keterampilan politiknya yang piawai dan hubungan baik yang dimilikinya dengan negara lain," urai Fernandez.      

The Straits Times mengulas optimisme Jokowi akan mampu menghadapi tantangan ke depan, serta berharap agar Jokowi tak berkompromi dalam upaya membangun RI yang demokratis, bebas korupsi, toleran, terbuka, dan inklusif. Untuk mencapainya, masih banyak PR yang harus dibenahi, antara lain membangun ekonomi modern yang tak terlalu bergantung pada komoditas. 

Kemudian mengembangkan sumber daya manusia hingga terus-menerus melakukan pembaruan pada sektor infrastruktur. Dalam kebijakan luar negeri, Jokowi perlu mengelola tantangan eksternal dengan kecermatan sembari terus membangun ikatan dengan negara lain, di tengah makin menajamnya perbedaan dunia. The Straits Times pun mendoakan Jokowi agar memiliki kekuatan dan kebijaksanaan seperti yang dimiliki Krishna, Dewa Hindu yang dikaguminya, dalam memimpin Indonesia untuk lima tahun ke depan.      

Jokowi menjadi penerima kedelapan anugerah bergengsi Asian of the Year yang digagas oleh The Straits Times ini. Penghargaan diberikan setiap akhir tahun kepada tokoh atau institusi yang telah berkontribusi signifikan dan positif terhadap masyarakat, dan benua Asia. Nama-nama yang pernah memenangi penghargaan di antaranya pendiri sekaligus perdana menteri pertama Singapura, Lee Kuan Yew, kemudian Presiden China Xi Jinping, dan PM India Narendra Modi.      

Baca juga : Hari Pertama SEA Games 2019, Renang Sumbang 3 Medali Untuk Indonesia

Jokowi sudah merespons lewat akun media sosial Twitter dan Instagramnya. "Terima kasih. Ini kehormatan bukan untuk saya semata-mata, tapi untuk Indonesia," tulis @jokowi sambil memosting fotonya di halaman depan harian yang berdiri sejak 1845 itu.      

Unggahan Jokowi di Twitter sudah disukai 13 ribu warganet. Kolom komentarnya banjir pujian dan selamat. "Selamat teriring doa kebaikan," cuit eks Walikota Yogyakarta @herry_zudianto serupa dengan harapan @ini_bowo. "Selamat pak. Buktikan kepercayaan media tersebut dengan gebrakan terhadap penyelesaian kasus HAM dan juga penegakan hukum kasus korupsi."      

Pemilik akun @RizkhaAmalia_ menyebut, tak mudah mendapatkan penghargaan ini. "Sebuah apresiasi penghargaan internasional bergengsi dan independen dari strait times asia, butuh kualifikasi yang bener-bener  teruji untu meraih penghargaan ini. Anyway selamat dan sukses buat pak jokowi #JokowiAsianOfTheYear," kicaunya menyertakan tanda pagar.      

Tweeep dari negeri jiran pun ikut memuji. "Tahniah Pak. Saya doakan negara jiran saya akan selalu membangun, aman dan sentosa. Saya suka Indonesia," cicit akun @RamziMuhammad3.      

Baca juga : Jokowi Obral Insentif Pajak Untuk Investor

Staf Khusus Presiden bidang Komunikasi, Fadjroel Rachman, mengemukakan penghargaan yang diraih Jokowi merupakan pengakuan prestasi kerja sama seluruh rakyat Indonesia. "Bersyukur tiada hingga kepada Tuhan, Alhamdulillah berkat kerja cerdas bersama seluruh rakyat Indonesia. Presiden Jokowi mendapatkan anugerah Asian of The Year 2019," kata Fadjroel.    

Ia mengemukakan, penghargaan itu merupakan modal untuk mewujudkan upaya pemerintah dalam pembangunan sumber daya manusia, infrastruktur, penyederhanaan birokrasi dan regulasi, serta transformasi ekonomi. "Untuk meraih Indonesia maju, empat besar perekonomian terbesar di dunia pada 2045," kata Fadjroel.      

Selain anugerah prestisius tersebut, Jokowi juga masuk dalam satu dari 50 orang teratas di antara 500 umat Muslim yang berpengaruh di dunia tahun ini. Jokowi ada di peringkat 13. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.