Dark/Light Mode

Listyo Sigit Prabowo, Mantan Ajudan Jokowi yang Ditunjuk Jadi Kabareskrim Polri

Jumat, 6 Desember 2019 13:35 WIB
Listyo Sigit Prabowo (Foto: Istimewa)
Listyo Sigit Prabowo (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Setelah sebulan kosong, posisi Kabareskrim Polri akhirnya terisi. Kapolri Jenderal Idham Azis menunjuk Irjen Listyo Sigit Prabowo untuk menempati jabatan itu. Irjen Listyo, mantan ajudan Presiden Jokowi, sebelumnya menduduki jabatan Kepala Divisi Propam Polri.         

Penunjukan ini tertuang dalam surat telegram bernomor ST/3230/KEP/XII/KEP/2019 yang telah ditandatangani Asisten Kapolri bidang Sumber Daya Manusia (As SDM) Irjen Eko Indra Heri. "Iya benar," ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri Kombes Argo Yuwono saat dikonfirmasi, Jumat (6/12).             

Baca juga : Ahok, Mantan Napi Yang Digaji Gede

Argo menyebut, mutasi ini adalah hal yang biasa dalam organisasi Polri sebagai tour of duty dan tour of area, penyegaran, promosi dan dalam rangka performa kinerja organisasi menuju SDM unggul dan promoter. "Penyegaran dalam organisasi Polri," imbuhnya.         

Pengganti Listyo sebagai Kadiv Propam Polri adalah Brigjen Ignatius Sigit Widiatmono yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Biro Pengamanan Internal (Karopaminal) Divisi Profesi dan Pengamanan Polri.      

Baca juga : Firli Bahuri Resmi Jadi Kabarhakam Polri

Selain Listyo, Polri juga memutasi sejumlah pejabatnya. Salah satunya, Komjen Firli Bahuri. Firli yang belum genap sebulan menjabat sebagai Kabaharkam Polri, dimutasi menjadi Analis Kebijakan Baharkam Polri.         

Selain itu, mutasi juga dilakukan pada Brigjen Herry Rudolf Nahak yang semula menjabat Kapolda Papua Barat menjadi Asops Kapolri. Kapolda Papua Barat kini dijabat Brigjen Tornagogo Sihombing.         

Baca juga : Hadiri Peringatan Hari Wayang, Menko PMK Janji Jaga Kebudayaan Nasional

Listyo, adalah lulusan Akademi Kepolisian tahun 1991. Pada 2014 dia diangkat sebagai ajudan Presiden Jokowi. Sekitar dua tahun kemudian dia menjabat Kapolda Banten dengan pangkat brigadir jenderal. Pada 13 Agustus 2018, Listyo diangkat sebagai Kadiv Propam. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.