Dark/Light Mode

Firli Bahuri Resmi Jadi Kabarhakam Polri

Selasa, 19 November 2019 10:05 WIB
Suasana Sertijab di Aula Bareskrim Polri lantai 9, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Selasa (19/11). Tampak Kabarhakam Polri, Irjen Firli Bahuri (ketiga kanan) (Foto: Oktavian Surya Dewangga/RM)
Suasana Sertijab di Aula Bareskrim Polri lantai 9, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Selasa (19/11). Tampak Kabarhakam Polri, Irjen Firli Bahuri (ketiga kanan) (Foto: Oktavian Surya Dewangga/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebulan jelang dilantik sebagai Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Irjen Firli Bahuri diangkat menjadi Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri.

Mutasi Firli tertuang dalam surat telegram bernomor ST/3020/XI/KEP./2019, yang terbit pada Jumat 8 November 2019.

Surat telegram tersebut diteken Asisten Kapolri bidang SDM (As SDM) Irjen Eko Indra.

Baca juga : Ini Putra Asli Papua Pertama Yang Jadi Kepala Kejaksaan Tinggi

Firli yang sebelumnya menjabat Kapolda Sumatera Selatan (Sumsel), menggantikan Komjen Condro Kirono yang digeser menjadi Analis Kebijakan Utama Baharkam Polri.

Posisi Kapolda Sumsel yang diisi Firli, kini ditempati oleh Irjen Priyo Widyanto, yang sebelumnya menjabat Kapolda Kalimantan Timur. Sementara jabatan Kapolda Kalimantan Timur, kini dijabat oleh Irjen Muktiono.

Selain itu, Irjen Istono yang sebelumnya menjabat Kapolda Bangka Belitung, diangkat sebagai Kepala Korlantas Polri yang sebelumnya dijabat Irjen Refdi Andri.

Baca juga : Dilantik Jokowi, Idham Azis Resmi Jadi Kapolri

Posiai Kapolda Babel kini dijabat Brigjen Anang Syarif Hidayat, yang sebelumnya menduduki posisi Dirpoludara Korpolairud Baharkam Polri.

Upacara sertijab dilakukan di Aula Bareskrim Polri lantai 9, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Selasa (19/11) pukul 08.00 WIB.

Upacara dipimpin Kapolri Jenderal Idham Aziz, selaku inspektur upacara. Sumpah jabatan dipandu dalam agama Islam.

Baca juga : Dihadiri 316 Anggota DPR, Idham Aziz Sah Jadi Kapolri

"Demi Allah, saya bersumpah bahwa saya selaku pejabat Kepolisian Negara Republik Indonesia, akan setia dan taat sepenuhnya kepada Pancasila, Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan Negara Kesatuan Republik Indonesia; bahwa saya akan menaati segala peraturan perundang-undangan, dan melaksanakan tugas kedinasan yang dipercayakan kepada saya dengan penuh pengabdian, kesadaran, dan tanggung jawab,” ujar Idham diikuti perwira tinggi Polri lainnya.

"Bahwa saya akan senantiasa menjunjung tinggi kehormatan negara, pemerintah dan Kepolisian Negara Republik Indonesia; dan senantiasa mengutamakan kepentingan masyarakat, bangsa dan negara daripada kepentingan saya sendiri, seseorang atau golongan," lanjut Idham yang kembali diikuti para Pati Polri ini.

Acara sertijab ini turut dihadiri As SDM Kapolri Irjen Eko Indra Heri, Kadiv Humas Polri Irjen M Iqbal, Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo, Kadiv Propam Polri Irjen L Sigit Prabowo, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) Komjen Suhardi Alius, dan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Heru Winarko. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.