Dark/Light Mode

Tingkatkan Literasi Masyarakat

Perpusnas RI Luncurkan Buku Perpustakaan Sebagai Ikon Peradaban dan Ilmu Pengetahuan

Jumat, 6 Desember 2019 10:31 WIB
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI)  terus berinovasi dan berkomitmen untuk membantu meningkatkan taraf hidup masyarakat Indonesia.

Komitmen ini diwujudkan dalam berbagai  bentuk strategi khususnya untuk meningkatkan budaya literasi masyarakat Indonesia.

Bentuk nyata yang sekarang bisa dirasakan oleh masyarakat Indonesia adalah memberikan pelayanan secara terbuka kepada seluruh masyarakat lewat akses secara digital. 

Baca juga : Berikan Pemahaman Arbitrase ke Masyarakat, BANI Luncurkan Buku

Perjalanan Perpusnas RI dalam memberikan sumbangsih pada negeri ini, kini dijabarkan dalam sebuah buku dengan judul Perpustakaan  Nasional  :  “Ikon  Peradaban  dan  Ilmu Pengetahuan”.

Buku ini  diluncurkan dalam kegiatan Forum  tematik Bakohumas di Ruang Teater Soekarman Gedung Fasilitas Layanan Perpusnas Lt. 2 Jalan Medan Merdeka Selatan No. 11, Jakarta Pusat, Jumat, (6/12). 

Dalam buku ini dijabarkan tentang peran Perpusnas sebagai lembaga pelestarian warisan budaya literasi bangsa. Buku ini juga memuat kisah para founding fathers bangsa Indonesia tentang kecintaan membaca buku, kisah para pegiat literasi pada masa lampau, serta tulisan ringkas sebuah naskah kuno yang telah mendapat pengakuan dunia sebagai Ingatan Dunia/Memory of The World. 

Baca juga : Golkar Ajak Mayarakat Jadikan Pancasila Sebagai Dasar Pembangunan

“ Ini menunjukkan arti penting membaca dan betapa bangsa Indonesia sangat kaya dengan warisan literasi yang mencerminkan karakter masyarakat Nusantara yang unik dan beragam,” kata Kepala Perpusnas RI Muhammad Syarif Bando. 

Menurutnya, Buku  Perpustakaan  Nasional  sebagai  Ikon  Peradaban  dan  Ilmu  Pengetahuan  ini didedikasikan  sebagai  salah  satu  media  sosialisasi  peran  strategis  Perpusnas  dalam upaya peningkatan literasi masyarakat Indonesia guna meningkatkan kualitas dirinya agar  mampu  meningkatkan  taraf  hidupnya.

 “Termasuk  kiprah  kegiatan  dan  inovasi yang telah dilakukan Perpusnas,  khususnya pada tiga tahun terakhir   dalam mewujudkan layanan pengetahuan,  informasi   nasional-global,  budaya literasi universal berbasis TIK dan inklusi sosial,” katanya. 

Baca juga : Organisasi Perempuan Harus Berbagi Peran dalam Pembangunan

Peluncuran buku ini juga disertai acara Diskusi Panel menghadirkan narasumber, antara lain penulis buku Ikon Peradaban dan Ilmu Pengetahuan Maya Fransiska, Direktur Eksekutif Serikat Perusahaan Pers (SPS) Asmono Wikan, dan Jadi Suriadi dari Wellbeing Institute dengan moderatornya Kepala Biro Hukum dan Perencanaan Perpusnas Joko Santoso.

Di kesempatan yang sama, Kepala Perpusnas juga meresmikan Press Corner Perpusnas. Ruang Press Corner berada di bagian depan Gedung Fasilitas Layanan Perpusnas. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.