Dark/Light Mode

PMI Gelar Musyawarah Nasional ke XXI di Jakarta

Jumat, 13 Desember 2019 21:44 WIB
PMI Gelar Musyawarah Nasional ke XXI di Jakarta

RM.id  Rakyat Merdeka - Palang Merah Indonesia (PMI) akan menggelar Musyawarah Nasional (Munas) ke XXI tahun 2019 di Jakarta. Munas XXI mengangkat tema “Kerja Bersama untuk Kemanusiaan” yang berarti PMI bekerjasama dengan pemerintah, pihak swasta dan masyarakat untuk melakukan tugas-tugas kemanusiaan.

“Tema ini mengedepankan PMI bekerjasama dengan pemerintah, swasta, dan masyarakat sesuai mandat utama PMI yaitu auxilary to the Government atau membantu pemerintah dalam kerja kemanusiaan,” kata Sasongko Tedjo selaku Ketua Penyelenggara Munas XXI PMI di Jakarta, Jumat (13/12)

Baca juga : Indonesia Gelar Bazar Amal `Christmas Bazaar` di Yordania

Munas merupakan forum pengambilan keputusan tertinggi organisasi PMI yang dilaksanakan setiap lima tahun. Munas akan diikuti oleh 800 peserta yang berasal dari unsur pengurus PMI di tingkat Provinsi, Kabupaten, dan Kota.

Selain itu, perwakilan Federasi Internasional Palang Merah dan Bulan Sabit Merah serta Komite Internasional Palang Merah juga direncanakan mengikuti Munas.

Baca juga : PLC: Kecenderungan Musyawarah Mufakat di Munas Golkar Sangat Besar

Munas PMI akan dibuka secara langsung oleh Wakil Presiden RI, K.H. Ma’ruf Amin dan akan berlangsung selama tiga hari, yaitu 16-18 Desember 2019. Agenda utama Munas adalah pemilihan Ketua Umum PMI beserta kepengurusan periode 2019-2024.

Ketua Umum PMI Jusuf Kalla juga akan menyampaikan laporan pertanggungjawaban periode kedua kepengurusan PMI tahun 2014-2019.

Baca juga : AP I Buka Seleksi Mitra Usaha Bandara Internasional Yogyakarta 

Munas juga akan membahas pokok-pokok kebijakan rencana strategis PMI tahun 2019-2024 untuk terus melakukan kegiatan kepalangmerahan sesuai dengan amanat UU No. 1 Tahun 2018 tentang Kepalangmerahan serta Peraturan Pemerintah (PP) No. 7 Tahun 2019 tentang penyelenggaraan UU Kepalangmerahan. [SRI]

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.