Dark/Light Mode

Kelelahan Batal ke Malaysia

Ma`ruf Istirahat Dua Hari

Kamis, 19 Desember 2019 10:12 WIB
Wapres KH Maruf Amin dan Istrinya Wury Estu Handayani di kediamannya di Situbondo, Jakarta Pusat. (Foto: Twitter@KH Maruf Amin)
Wapres KH Maruf Amin dan Istrinya Wury Estu Handayani di kediamannya di Situbondo, Jakarta Pusat. (Foto: Twitter@KH Maruf Amin)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wapres Ma’ruf Amin batal terbang ke Malaysia untuk menghadiri acara KL Summit (KTT) di Kuala Lumpur karena kelelahan. Ma’ruf diminta tim dokter istirahat selama dua hari.

“Dengan sangat menyesal, kami mengumumkan bahwa Wakil Presiden tidak bisa hadir ke acara di Kuala Lumpur, ya KL Summit (KTT), acara internasional yang rencananya akan dihadiri, tidak bisa di hadiri Bapak Wapres,” kata Jubir Wapres, Masduki Baidlowi di Kantor Wapres, Jakarta, kemarin.

Acara bertema ‘The Role of Develop ment In Achieving National So viereignty’ atau Peran Pembangunan Dalam Mencapai Kedaulatan Nasional itu, diselenggarakan Kantor Berita Malaysia, Bernama, dari 18-19 Desember 2019.

Meskipun tidak dihadiri Ma’ruf, Indonesia tetap mengirimkan utusannya “Karena apa? Karena ternyata tim dokter berkesimpulan Wapres harus istirahat,” sambung Masduki.

Baca juga : Pemerintah Batasi Truk Barang Saat Nataru

Sebagai pengganti Ma’ruf, Presiden Jokowi akhirnya menunjuk Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi menghadiri KTT tersebut. Retno dijadwalkan hadir pada pembukaan KL Summit 2019, malam ini.

Namun, dalam pembukaan tersebut, Retno tidak akan menyampaikan pernyataan resmi dari pemerintah Indonesia.

Retno yang sudah berada di Kuala Lumpur mengatakan, tantangan yang dihadapi umat Islam saat ini cukup kompleks. Karena itu, pemerintah Indonesia mendorong persatuan dan kesatuan umat Islam di seluruh dunia.

“Marilah bekerja sama untuk menangani tantangan-tantangan tersebut,” kata Retno di Grand Hyatt Hotel Kuala Lumpur, Malaysia, tadi malam seperti dilansir Antara.

Baca juga : Dirjen Bea Cukai: Investigasi Tuntas Dua Hari Lagi

Pertemuan tingkat tinggi ini melibatkan lima negara, antara lain Malaysia, Qatar, Turki, Pakistan dan Indonesia ini. KL Summit 2019 diagen dakan membahas sejumlah isu seputar dunia Islam. Antara lain tentang Islamfobia, Palestina, dan terorisme.

“OKI (Organisasi Kerja Sama Islam) mohon dimaklumi, Wapres akan istirahat dalam sehari-dua hari ini,” imbuh Masduki lagi.

Setelah istirahat dua hari, Ma’ruf rencananya akan menghadiri puncak peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) di Kalimantan Selatan, 20 Desember mendatang. “Kalau tadi hasil pembicaraannya sebenarnya Wapres masih menghendaki hadir di acara kenegaraan di Kalsel pada tanggal 20, bisa istirahat dan pulih,” katanya.

Ada apa sebenarnya dengan kondisi kesehatan Ma’ruf? Masduki memastikan, Ma’ruf tidak menderita sakit apa pun. Ma’ruf, lanjutnya, hanya diminta istirahat oleh tim dokter karena kelelahan. Pasalnya, agenda Wapres belakangan ini terlalu padat dan nonstop.

Baca juga : Pecat Pelatih, Brescia Jilat Ludah Sendiri

“Bukan (sakit) ya, kan memang rangkaian kerja Wapres ini kan luar biasa nonstop. Bahkan malam dan weekend terakhir weekend itu ke Banten. Makanya atas saran dokter Wapres agar istirahat,” sebutnya.

Keterangan Masduki terkait kondisi kesehatan Ma’ruf, diperkuat oleh dokter pribadi Wapres, Miftahul Firdaus. Dia bilang, kondisi Ma’ruf tidak mengkhawatirkan. Ma’ruf bisa menghadiri HKSN di Kalsel, Jumat (20/12) mendatang. “Kondisinya tidak mengkhawatirkan sebenarnya, diharapkan di Kalsel bisa hadir,” ungkap Miftahul. [SAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.