Dark/Light Mode

Produk Lokal Menang Banyak! Transaksi HARBOLNAS 2024 Tembus Rp 31,2 Triliun

Sabtu, 28 Desember 2024 09:19 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto. Foto: Kemenko Perekonomian
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto. Foto: Kemenko Perekonomian

RM.id  Rakyat Merdeka - Hari Belanja Online Nasional (HARBOLNAS) 2024 berhasil mencetak sejarah baru. Dengan total transaksi mencapai Rp 31,2 triliun, program belanja online tahunan ini berhasil didominasi produk lokal yang menyumbang Rp 16,1 triliun, meningkat 31 persen dibanding tahun sebelumnya.  

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, menyebut keberhasilan ini sebagai bukti meningkatnya kesadaran masyarakat untuk mendukung produk dalam negeri. 

"Ketika pasar untuk produk lokal sudah terbentuk, maka suplai akan mengikuti secara otomatis. Ini langkah penting untuk mengurangi ketergantungan pada produk impor," ujarnya.  

Baca juga : Kadin Prediksi Perputaran Uang Saat Libur Nataru Tembus Rp 91 T

Program HARBOLNAS 2024, yang berlangsung dari 10 hingga 16 Desember, diikuti oleh 407 merchant. Lebih dari 98 juta pelanggan ikut memanfaatkan momentum ini dengan rata-rata pengeluaran per orang sebesar Rp 318.000. Produk lokal menjadi primadona, dengan kategori pakaian olahraga, aksesori fashion, personal care, serta makanan dan minuman mendominasi penjualan.  

Tidak hanya itu, inovasi seperti Live Shopping dan link afiliasi di media sosial terbukti menjadi daya tarik utama. Data menunjukkan, 50 persen pembeli memanfaatkan link afiliasi untuk berbelanja. 

Capaian ini menunjukkan pertumbuhan signifikan, naik 21,4 persen dibanding tahun 2023 yang mencatat transaksi Rp25,7 triliun. Tagline #PakaiProdukSendiri turut memperkuat posisi produk lokal di pasar domestik dan internasional.  

Baca juga : Crazy Rich Surabaya Dituntut Bayar Ganti Rugi Rp 1,1 Triliun

Sebagai pelengkap, pemerintah juga menggulirkan program belanja lainnya seperti Belanja di Indonesia Aja (20-29 Desember) dan Every Purchase is Cheap (EPiC) Sale (22-31 Desember). 

"Kami optimis dengan kolaborasi yang kuat antara Pemerintah, pelaku usaha, dan masyarakat, target pertumbuhan ekonomi melalui sektor konsumsi dapat tercapai," lanjut Airlangga.  

Dengan hasil gemilang ini, HARBOLNAS bukan sekadar pesta belanja online, tetapi juga pendorong utama ekonomi digital nasional. “HARBOLNAS menjadi bukti nyata bahwa aktivitas belanja masyarakat turut menjadi pengungkit dalam upaya mencapai target pertumbuhan ekonomi,” pungkasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.