Dark/Light Mode

Hoaks, Video Sungai Ciliwung Banjir

Rabu, 25 Desember 2019 23:52 WIB
Foto: Humas BNPB
Foto: Humas BNPB

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengklarifikasi soal video yang menunjukkan Sungai Ciliwung banjir.

Video tersebut mengingatkan warga Jakarta, agar bersiap-siap. Namun, setelah dicek, video tersebut adalah kondisi pada awal Februari 2018. Kemungkinan tanggal 4 atau 5.

Baca juga : Waspada, Stroke Intai Pecinta Ramen

Pada 5 Februari 2018, terjadi banjir di Jakarta karena sungai Ciliwung meluap.

Berdasarkan data tinggi muka air di Bendung Katulampa (https://bpbd.jakarta.go.id/waterlevel/), yang teramati dari Rabu (25/12) pagi sampai Rabu (25/12) malam ini pukul 19.00 WIB, pada level Siaga IV.

Baca juga : Wilder Sudah Ditunggu Fury

"Jadi, jelas bahwa video tersebut hoaks dan tidak betul. Terlampir foto kondisi air di Bendung Katulampa pada malam ini, 25 Desember 2019 Pukul 19.00 WIB, tinggi muka air 10 cm, cuaca hujan," demikian bunyi keterangan resmi BNPB yang disampaikan melalui akun Facebook resminya, Rabu (24/12). [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.