Dark/Light Mode

Tawarkan 3 Program, Riza Villano Mimpi Bisa seperti Jokowi

Sabtu, 18 Januari 2020 17:13 WIB
Riza Villano (tengah). (Foto: Istimewa)
Riza Villano (tengah). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kader PSI Riza Villano mengikuti fit and proper test calon Wali Kota Tangsel yang digelar PSI di DPP PSI Jakarta, Sabtu (18/1). Di hadapan panelis, Riza menawarkan tiga program untuk membereskan persoalan di daerahnya. Ia bermimpi bisa mengikuti jejak Presiden Jokowi.         

Riza tiba di kantor PSI sekitar pukul 11 siang, didampingi istri dan belasan pendukungnya yang mengekan kaos nomor 9. Riza sendiri tampil casual, kaos dibalut jas dengan bawahan jeans biru. Sekitar pukul 1 tepat, Riza dipanggil panitia.

Selama hampir setengah jam, Riza kemudian memaparkan visi-misi, program kerja di hadapan empat panelis yang mengujinya. Mereka antara lain Sekjen PSI Raja Juli Anthony, dan mantan komisioner KPK Bibit Samad Rianto. Proses fit and proper test ini disiarkan secara streaming di akun Facebook PSI.      

Baca juga : Jokowi Emang Mau?

Keluar dari ruangan, Riza tersenyum. Dia bilang tak ada kesulitan selama mengikuti ujian. Malah, ia merasa, panelis sangat tertarik dengan program yang ditawarkannya.       

Apa yang disampaikan? Dalam pemaparannya, Riza mengaku sedih dengan keadaan Tangsel saat ini. Ia yang dari kecil tinggal di Tangsel merasakan banyak masalah di sana. Kesejahteraan yang belum merata, pembangunan industri yang terlambat, dan sebagainya.      

Intinya, ia ingin menyediakan lapangan pekerjaan buat warga Tangsel. Saat ini 70 persen warga Tangsel mencari penghidupan di Jakarta. Jika terpilih, Riza akan mengusung tema cerdas, modern dan relijius. Ada tiga program yang diandalkan yaitu menjadikan Tangsel sebagai ibukota mahasiswa, industri film dan teknologi digital.        

Baca juga : Airlangga Cs Siap Dobrak Ekonomi Yang Slow Down

Riza menilai, Tangsel punya peluang besar sebagai ibukota mahasiswa  Hanya saja belum ada yang menyuarakan soal ini. Di Tangsel ada 17 kampus besar. Belum terhitung kampus-kampus kecil. Ia ingin Tangsel sebagai tempat belajar dari seluruh negar. “Ini sebuah kelebihan. Dengan kerjasama berbagai pihak, sangat mungkin kita punya kampus kelas dunia macam Harvard atau Oxford,” kata Riza.       

Riza juga ingin menjadikan Tangsel menjadi pusat industri film dengan bikin studio besar sekelas Hollywood atau Bollywood. Dia menillai perkembangan industri film sedang bergairah. Prosepknya cerah. Anak muda bermimpi jadi youtuber atau vloger. Menurut dia, potensi itu harus difasilitasi oleh pemerintah dengan menyediakan sarana dan prasarana seperti studio. “Di sana mereka bisa menggunakan fasilitas itu dengan gratis,” ujarnya.       

Riza mengaku memang bukan dari keluarga pejabat dan anak konglomerat.  Tapi ia seorang petarung, yang tertantang merealisasikan mimpinya. Ia yakin bisa mengemban amanah sebagai wali kota. Ia terispirasi oleh sosok Presiden Jokowi. Dulu tidak ada yang mengenal siapa Pak Jokowi. Tapi sekarang terkenal kemana-mana setelah ia dipercaya jadi wali kota, dan gubernur.      

Baca juga : JK Disambut Seperti Pahlawan

Ia berharap, PSI memberi kepercayaan kepadanya. Ia yakin mampu mengemban amanah sebagai wali kota. “Tolong percayakan saya jadi Wali Kota. Saya mampu,” ucapnya. Ia bersyukur, Indonesia kini sudah punya PSI. Menjadikan orang sepertinya punya kesempatan yang sama berkiprah dalam politik. [BCG]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.