Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Rayakan Imlek, Untar Ingin Berbagi untuk Kemakmuran Bersama

Jumat, 7 Februari 2020 00:09 WIB
Persembahan Tari Ruai asal Kalimantan Barat dalam pembukaan Perayaan Imlek Universitas Tarumanagara (Untar), di Jakarta, Kamis (6/2). (Foto: Dok. Untar)
Persembahan Tari Ruai asal Kalimantan Barat dalam pembukaan Perayaan Imlek Universitas Tarumanagara (Untar), di Jakarta, Kamis (6/2). (Foto: Dok. Untar)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menyambut Tahun Baru Imlek 2571, Universitas Tarumanagara (Untar) menyelenggarakan perayaan bersama seluruh sivitas akademika, di Jakarta, Kamis (6/2). Perayanaannya mengangkat tema "Untar untuk Indonesia: Berbagi untuk Kemakmuran Bersama."

Perayaan Imlek Untar tahun ini mengangkat budaya dari Kalimantan Barat (Kalbar). Alasannya, dalam sejarah, Kalbar merupakan provinsi yang banyak terpengaruh budaya Tionghoa.

Perayaan yang dibuka dengan Tari Ruai asal Kalbar. Beberapa mahasiswa turut memeriahkan dengan unjuk kemampuan bermain alat musik tradisional China Gu Zheng dan Di Zi oleh grup Denting Oriental. Grup ini terdiri dari mahasiswi Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB) Untar Edlyn, dan kakaknya, Jodie. Mereka membawakan lagu "Gan En De Xin" dan "Tian Lu."

Baca juga : DPR Ingatkan Data Pangan Tak Korbankan Petani

Selain itu, mahasiswi Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Untar, Esther Helen, yang juga merupakan peraih juara ketiga China's Got Talent 2019, melantunkan lagu "Bengawan Solo" dan lagu berbahasa Mandarin "Yue Liang Dai Biao Wo De Xin". Penampilannya memukau hadirin.

Secara khusus, Rektor Untar, Prof Agustinus Purna Irawan, menyampaikan bahwa perayaan Imlek kali ini merupakan momen untuk berbagi kemakmuran bersama. "Semuanya berkaitan dengan bagaimana berbagi kemakmuran yang kita miliki. Terkadang kita merasa tidak makmur, padahal kita sudah makmur," ujarnya. 

Menurut Agustinus, Untar harus berbagi pada masyarakat yang membutuhkan. Itu sebagai implementasi tema Untar untuk Indonesia. "Peran Untar di masyarakat sangat diharapkan. Maka itu, tema sejak tahun lalu, 'Untar untuk Indonesia' kami lanjutkan," tuturnya.

Baca juga : Disalurkan GERAK BS SOKSI, Bamsoet Beri Bantuan ke Korban Banjir Pondok Gede Permai

"Kita merayakan Imlek dalam kemakmuran, tetapi perlu diperhatikan juga bagaimana kemakmuran itu kita syukuri dan kita bagikan setiap hari. Saya yakin dengan itu, Untar semakin hebat," tambahnya.

Ketua Pengurus Yayasan Tarumanagara, Gunardi, berharap, Imlek dapat menjadi momen untuk menjadi lebih baik. "Sudah saatnya kita harus bisa membangun kebanggaan pada Untar," pungkasnya.

Perayaan diakhiri dengan pertunjukan Barongsai oleh Sanggar Delima, kemudian dilanjutkan dengan penampilan lagu "Gong Xi Gong Xi" yang dinyanyikan Esther Helen. [KW]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.