Dark/Light Mode

Peran PPM Manajemen Ikut Bangun SDM Unggul

Sabtu, 22 Februari 2020 07:39 WIB
Dari kiri: Direktur Jasa pengembangan Organisasi PPM management Triono Saputro, Direktur Jasa pengembangan Eksekutif PPM management Pepey Riawati Kurnia, Kabiro Komunikasi dab Layanan Masyarakat Kemendikbud Ade Erlangga Masdiana, Direktur Eksekutif PPM dan Dekan PPM School of Management Bramantyo Djohanputro, Direktur IT dan Keuangan PPM management Ari Karyawan Semiawan. (Foto: Dok. PPM Manajemen)
Dari kiri: Direktur Jasa pengembangan Organisasi PPM management Triono Saputro, Direktur Jasa pengembangan Eksekutif PPM management Pepey Riawati Kurnia, Kabiro Komunikasi dab Layanan Masyarakat Kemendikbud Ade Erlangga Masdiana, Direktur Eksekutif PPM dan Dekan PPM School of Management Bramantyo Djohanputro, Direktur IT dan Keuangan PPM management Ari Karyawan Semiawan. (Foto: Dok. PPM Manajemen)

RM.id  Rakyat Merdeka - Di periode kedua pemerintahannya, Presiden Jokowi menitikberatkan kebijakan pada pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM). Pemerintah pun menggaungkan tagline SDM Unggul Indonesia Maju.  

Seiring dengan kebijakan pemerintah itu, PPM Manjemen juga punya fokus yang sama. Direktur Pengembangan Eksekutif PPM Manajemen Pepey Riawati Kurnia mengatakan, keberadaan PPM Manajemen berkontribusi kepada pembentukan SDM unggul di Tanah Air. "Kontribusi PPM Manajemen dalam pembentukan SDM Unggul Indonesia tersebut meliputi pengembangan individual/personal dan pengembangan organisasi," tuturnya dalam acara "Meet Media Darling" belum lama ini.          

Untuk pengembangan individual, lanjut Ria, pihaknya punya PPM School of Management. Pendidikan ini sudah menancapkan taji di internasional dan go global. "Hal itu dibuktikan dengan program Abroad Partner Universities yang sudah menjalin kerja sama dengan universitas-universitas luar negeri yang beberapanya masuk dalam ranking 100 besar universitas dunia dan Asia,” ujarnya.          

Baca juga : Pasok Kebutuhan Logam IKM, Kemenperin Bangun Material Center

Sejauh ini, PPM Manajemen telah melakukan kerja sama antara lain dengan University of Queensland, Australia; INHA University, Korea Selatan; Kedge Business School, Prancis; dan Asia University, China.

“Program Pasca Sarjana (S2) PPM School Of Management juga membekali lulusan-lulusannya dengan sertifikasi risk manajemen tingkat nasional, yang biasa kita kenal dengan CRMO dan CRMP. PPM School Of Management, juga sudah menerapkan program Blended Learning pada program Sarjana (S1). Metode belajarnya 50 persen online dan 50 persen tatap muka. Ini diperuntukkan bagi karyawan yang ingin kuliah sambil bekerja,” jelasnya.        

Menyasar pengembangan individu atau personal, PPM juga menyelenggarakan public training. Yaitu pelatihan untuk berbagai aspek manajerial dan fungsional manajemen dengan konsep dan metode yang selalu di-update, praktis, dan partisipatif dari para pesertanya.          

Baca juga : Peruri Menang Tender Cetak Uang Peru

“Public training meningkatkan wawasan dan kemampuan manajerial yang didesain untuk para eksekutif dari berbagai perusahaan atau organisasi. Lulusannya tak kurang dari 6.500 orang per tahunnya. Dengan lebih dari 100 judul training telah terselenggara,” imbuhnya.          

Dalam pengembangan organisasi, PPM Manajemen mempersiapkan riset dan konsultansi manajemen serta Asesmen SDM yang terpercaya dan dapat menempatkan diri sebagai mitra organisasi dalam mengembangkan organisasi yang berkelanjutan.      

"PPM Manajemen sudah mempersiapkan produk-produk yang unggul untuk mendukung peningkatan kualitas individu dan organisasi yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan sosial dan ekonomi yang berkelanjutan. Untuk menopang kebijakan itu, kami memiliki tak kurang dari 100 staf fungsional yang berprofesi sebagai coach, trainer, konsultan, asesor yang bersertifikasi keahlian internasional," tambah Ria.      

Baca juga : Satu Dekade, Pemerintah Bangun 400.269 Jargas

Sebagai institusi pendidikan manajemen pertama, PPM Manajemen sudah tersertifikasi ISO 90001:2015 (Quality Management system) dari PT SGS Indonesia untuk PPM Manajemen Public Training Executive Development Program dan Employee Recruitment and Selection Services.      

Ria berharap, semua yang dilakukan PPM Manajemen mampu membantu program pemerintah dalam menciptakan SDM Unggul. "Harapannya, dengan keberadaan PPM Manajemen dalam dunia pendidikan, berkontribusi kepada SDM Unggul di Tanah Air demi menopang pembangunan yang saat ini terus dilakukan pemerintah dan menjadi mitra para organisasi di Indonesia untuk meningkatkan kesejahteraan sosial dan ekonomi yang berkelanjutan," tandasnya. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.