Dark/Light Mode

Proses Evakuasi Lancar, ABK World Dream Dibawa Ke Pulau Sebaru

Rabu, 26 Februari 2020 18:04 WIB
Proses evakuasi terhadap WNI yang menjadi Anak Buah Kapal (ABK) MV. World Dream ke KRI dr. Soeharso-99 di Perairan Selat Durian, Kepulauan Riau, Rabu, (26/2). (Foto : Dinas Penerangan TNI AL)
Proses evakuasi terhadap WNI yang menjadi Anak Buah Kapal (ABK) MV. World Dream ke KRI dr. Soeharso-99 di Perairan Selat Durian, Kepulauan Riau, Rabu, (26/2). (Foto : Dinas Penerangan TNI AL)

RM.id  Rakyat Merdeka - Proses evakuasi terhadap Warga Negara Indonesia (WNI) yang menjadi Anak Buah Kapal (ABK) MV. World Dream ke KRI dr. Soeharso-99 telah berjalan dengan lancar. Proses pemindahan yang difasiitasi TNI AL ini berlangsung di Perairan Selat Durian, Kepulauan Riau, Rabu, (26/2). Selanjutnya, para WNI ini akan dibawa ke Pulau Sebaru Kecil, Kepulauan Seribu, untuk menjalani masa observasi.

Baca juga : Jokowi Perintahkan Evakuasi 188 WNI Dalam Kapal World Dream

Dalam keterangan tertulis Dinas Penerangan Angkatan Laut yang diterima Rakyat Merdeka, WNI ABK MV. World Dream yang dievakuasi berjumlah 188 orang. Rinciannya 172 laki-laki dan 16 perempuan. Seluruh WNI ini bahkan telah dinyatakan negatif Covid-19. Sebab, seluruh WNI yang menjadi ABK ini telah menjalani pemeriksaan sesuai SOP protokol medis sebelum diterima di KRI dr Soeharso.

Baca juga : Diversifikasi Pangan, Balitsereal Kembangkan Sorgum

Proses transfer personel ini sendiri dilakukan dua sortie dengan menggunakan Transfer Boat MV World Dream menuju KRI dr. Soeharso. Berkat dukungan cuaca yang cerah dan adanya kerjasama yang sangat baik, membuat proses evakuasi berjalan dengan baik dan lancar. Selanjutnya, KRI Drs Seoharso akan bergerak menuju P. Sebaru, Kepulauan Seribu, diperkirakan akan tiba tanggal 28 Februari.

Baca juga : Cek Program Tol Laut, BKS Sidak Ke Pelni Surabaya

Dalam kegiatan evakuasi ini, TNI AL bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan yakni Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Batam, Balai Besar Laboratorium Kesehatan  (BBLK) Jakarta dan Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Jakarta. [DNU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.