Dark/Light Mode

Cek Program Tol Laut, BKS Sidak Ke Pelni Surabaya

Rabu, 22 Januari 2020 00:23 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi saat sidak ke Pelni Surabaya, Selasa (21/1). (Foto: Kemenhub)
Menhub Budi Karya Sumadi saat sidak ke Pelni Surabaya, Selasa (21/1). (Foto: Kemenhub)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke PT Pelni di Surabaya, Jawa Timur. Menhub ingin mengecek kelancaran program tol laut. Khususnya soal harga.

"Saya ke sini untuk mengecek dan mengontrol harga, selama ini harganya tidak dipatok. Sehingga pedagang bisa menetapkan harganya sendiri," katanya dalam keterangan resminya, Selasa (21/1).

Baca juga : Cabe Asal Sukabumi Siap Penuhi Pasokan Jabodetabek

BKS-sapaan akrab Budi Karya mengaku harus terus mengontrol agar harga yang dibebankan kepada masyarakat sesuai dengan harga sebenarnya. Jadi bisa seragam, jika ada yang untungnya 10 persen masih wajar, tetapi kalau sudah 40 persen itu tidak wajar.

"Saya minta kepada Dirjen Laut untuk menetapkan harga jual dari perkontainer, jangan dibuat bervariasi, tetapkan harga pokoknya, ini sifatnya kompetisi. Kalau tidak mau kami kasih ke yang lain, saya minta jangan memberikan harga mahal dan tidak boleh ada monopoli," tegasnya.

Baca juga : Mentan Dukung Program 1 Juta Ternak Sapi Bali

Mantan Dirut Angkasa Pura ini menjelaskan, harga tenaga kerja bongkar muat (TKBM) masih ada yang berbeda-beda. Ada yang Rp 2 juta dan Rp 3,9 juta. “Kami ingin ekonomi di Indonesia Timur ini meningkat dengan adanya tol laut. DPT juga tidak boleh melakukan sendiri-sendiri," ungkapnya.

Menhub juga meminta kepada kepala daerah untuk peduli di daerah nya masing-masing. Untuk itu, kata Menhub, mereka harus berani menanyakan atau mengkroscek langsung ke PT Pelni berapa harga yang ditetapkan. Sehingga pengusaha yang di daerah mendapatkan harga yang benar. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.