Dark/Light Mode

Ditunggu, Pendidikan 4 Pilar Bagi Advokat

Jumat, 28 Februari 2020 09:13 WIB
Presiden KAI Siti Jamaliah Lubis (tengah) bersama advokad KAI siap sosialisasikan 4 Pilar bersama MPR.
Presiden KAI Siti Jamaliah Lubis (tengah) bersama advokad KAI siap sosialisasikan 4 Pilar bersama MPR.

RM.id  Rakyat Merdeka - Kongres Advokat Indonesia (KAI) menegaskan siap bersinergi dan bekerjasama dengan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) untuk menggelorakan gerakan Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara. Empat Pilar tersebut adalah Pancasila, Undangundang Dasar 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI. 

Hal itu dikatakan oleh Presiden KAI Siti Jamaliah Lubis saat pertemuan dengan ketua MPR Bambang Susatyo, di Gedung MPR, DPR dan DPD, kemarin. 

Mia Lubis, demikian dia kerap disapa, didampingi antara lain Sekjen KAI ,Apolos Djara Bonga, Ketua Dewan Penasihat Rusdi Taher, Vice Presiden Prof Dr Irman Putra Sidin dan lain-lain. 

“Kami siap bersinergi dan bekerja sama dengan MPR untuk menanamkan pendidikan Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara kepada para advokat KAI,” kata Mia. 

Baca juga : Bamsoet Dorong Empat Pilar MPR Masuk Materi Pembekalan Advokat

Pada kesempatan tersebut, dia juga memperkenalkan para pengurus KAI yang belum lama ini dilantik. Mia Terpilih kembali dalam Kongres KAI ke-3 di Malang akhir tahun lalu. 

Saat ini menurutnya, KAI memiliki 34 DPD di seluruh Indonesia dan di setiap DPD memiliki DPC di tingkat Kabupaten/Kota.“Jadi KAI merupakan organisasi advokat yang besar. Anggotanya tersebar di seluruh Indonesia,” jelasnya. 

Sementara Sekjen KAI Apolos Djara Bonga menambahkan, KAI dalam pendidikan Empat Pilar tersebut akan mengambil bagian dari sisi hukum dalam rangka integritas bangsa. 

“Sehingga masyarakat merasa mendapatkan keadilan, kami berharap ada peluang kerjasama antara KAI dengan MPR RI,” harapnya. 

Baca juga : MRT Sediakan Parkir Khusus Bagi Difabel

Ketua Dewan Penasihat Rusdi Taher menambahkan, KAI memiliki karakteristik yang spesifik. Yang telah ditanamkan oleh Presiden KAI pertama Indra sahnun Lubis. 

Yaitu fondasi yang bermakna bagi advokat Indonesia, sebagai advokat pejuang dan pejuang advokat.Untuk itu, sinergi peranan organisasi advokat bisa menjadi Mitra dari MPR dalam mengembangkan Empat Pilar yang selalu dipelopori MPR. 

Vice Presiden KAI, Irman Putra Sidin mengungkapkan, KAI perlu memperkenalkan diri kepengurusan barunya kepada MPR sebagai lembaga kedaulatan rakyat tertinggi. 

KAI adalah organisasi yang berusaha menjaga hak-hak rakyat baik secara horizontal maupun vertikal. “Advokat juga menjaga hak-hak konstitusional seluruh rakyat, kita kawal hak-hak konstitusionalnya, oleh karena itu pendidikan empat pilar perlu diketahui oleh advokat” ungkapnya. 

Baca juga : Hentikan Penyelidikan 36 Perkara, Firli Klaim Mau Wujudkan Tujuan Hukum

Ketua MPR Bambang Susatyo menyambut baik keinginan kerjasama yang di sampaikan oleh para pengurus KAI.Dia ingin kerja sama itu segera terwujud dan dapat terealisasikan dalam salah satu materi pendidikan advokat. [JON]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.