Dark/Light Mode

Awas, Penipuan Berkedok Rekrutmen Pegawai KPK Beredar

Jumat, 20 Maret 2020 18:10 WIB
Awas, Penipuan Berkedok Rekrutmen Pegawai KPK Beredar

RM.id  Rakyat Merdeka - Komisi Pemberantasan korupsi (KPK), mengingatkan masyarakat mewaspadai pihak-pihak yang mengaku petugas KPK, atau bekerja sama dengan KPK dengan modus rekrutmen pegawai.

Saat ini, KPK tidak sedang membuka rekrutmen pegawai. "Program rekrutmen pegawai KPK selalu diumumkan melalui situs resmi KPK dan surat kabar nasional serta tidak pernah memungut biaya administrasi kepada para calon pelamar," ujar Plt Juru Bicara KPK Bidang Pencegahan, Ipi Maryati Kuding kepada wartawan, Jumat (20/03). 

Baca juga : Kecuali Bidang Penindakan, Pegawai KPK Bekerja Dari Rumah

KPK juga mengingatkan, saat ini terdapat beberapa pihak yang mengaku sebagai mitra atau pihak kepanjangan KPK dengan menggunakan nama organisasi kemasyarakatan yang mirip KPK serta dalam kegiatannya menggunakan nama KPK.

Hal ini membuat seolah-olah kegiatan tersebut benar diadakan oleh KPK. Padahal, Ipi menegaskan, komisi antirasuah tidak pernah bekerja sama dan mengadakan kegiatan dengan para pihak yang namanya mirip dengan KPK tersebut.

Baca juga : Cegah Penyebaran Virus Corona, Besok Gedung KPK Semprot Disinfektan

Imbauan ini disampaikan setelah KPK menerima informasi, pada Selasa (17/03) tentang adanya rekrutmen anggota LSM dengan nama mirip KPK di Kabupaten Biak Numfor dan Kabupaten Supiori. 

"Dengan peristiwa ini, KPK meminta masyarakat berhati-hati. KPK juga mengingatkan bahwa hingga saat ini, KPK hanya berada di ibu kota negara, yaitu Jakarta. KPK juga tidak memiliki atau tidak membuka kantor cabang atau kantor wilayah di daerah lain," tegas Ipi. 

Baca juga : Sediakan Multivitamin, Pegawai PUPR Siaga Corona

Bila masyarakat mendapati para pihak yang mencurigakan atau ada indikasi mencari keuntungan pribadi atau golongan dengan menggunakan nama KPK, bisa melaporkan kepada pihak kepolisan, atau menghubungi KPK melalui call center di 198. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.