Dark/Light Mode

Pasien Positif Corona Dengan Tes PCR, Bisa Masuk RS Darurat Di Wisma Atlet

Senin, 23 Maret 2020 21:26 WIB
Pasien Positif Corona Dengan Tes PCR, Bisa Masuk RS Darurat Di Wisma Atlet

RM.id  Rakyat Merdeka - Rumah Sakit Darurat penanganan covid-19, di Wisma Atlet Kemayoran Jakarta Pusat, siap beroperasi. Seluruh tim medis, dan alat kesehatan telah rampung, dan siap melayani pasien.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona (COVID-19) Achmad Yurianto menegaskan, Rumah Sakit Darurat ini diperuntukkan bagi pasien positif virus dengan metode pemeriksaan antigen (polymerase chain reaction/ PCR).

Baca juga : Ini Baru Mati Syahid

"Pemerintah hanya akan merawat kasus-kasus positif yang dibuktikan dengan hasil pemeriksaan antigen. Itu yang perlu kita masukkan ke rumah sakit (RS Darurat di Wisma Atlet Kemayoran, red.)," kata Acmad Yurianto di Gedung BNPB Jakarta, Senin (23/3/2020).

Ia mengatakan, RS darurat untuk perawatan selama isolasi dan bukan untuk pasien dalam pengawasan (PDP). Hal itu, kata dia, demi mencegah penularan akibat kontak langsung pasien yang bergejala klinis influenza, seperti demam, batuk, dan pilek dengan pasien yang sudah positif COVID-19.

Baca juga : Letjen Doni: Corona Tak Kenal Suku, Agama dan Ras, Bisa Serang Siapa Saja

Kepada pasien dengan gejala klinis influenza, kata dia, sebaiknya melakukan isolasi mandiri di rumah. Pemerintah sudah menyampaikan imbauan terkait dengan isolasi diri tersebut.

"Tujuannya agar mengefektifkan upaya agar tidak terjadi penularan antara yang sakit kepada yang sehat," kata Yuri.

Baca juga : MUI Kota Bekasi Haramkan Pasien Positif Corona Shalat Jumat

Hingga saat ini, Rumah Sakit darurat ini menggunakan dua tower, di Kompleks Wisma Atlet, yang bisa menampung total 3 ribu lebih pasien. Setiap lantainya, akan ada 3 orang perawat, yang berjaga. [FAZ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.