Dark/Light Mode

Donasi Covid-19 Dari Prajogo Pangestu Nambah Rp 10 M, Totalnya Jadi Rp 40 M

Rabu, 8 April 2020 07:06 WIB
Ilustrasi bantuan alat kesehatan yang disalurkan ke rumah sakit, untuk menangani wabah Covid-19. (Foto: BNPB)
Ilustrasi bantuan alat kesehatan yang disalurkan ke rumah sakit, untuk menangani wabah Covid-19. (Foto: BNPB)

RM.id  Rakyat Merdeka - Prajogo Pangestu, Founder dan Chairman Barito Pacific Group kembali menyalurkan bantuan untuk penanganan pandemi Covid-19 sebesar Rp 10 miliar.

Sebelumnya, Barito Pacific Group telah menyumbang Rp 30 miliar untuk keperluan tersebut. Sehingga, totalnya menjadi Rp 40 miliar. 

Bantuan tersebut dikirimkan ke Yayasan BUMN Hadir Untuk Negeri, yang kemudian disalurkan kepada rumah sakit (RS) yg dikelola BUMN di wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten.

Baca juga : Wapres Barcelona Positif Covid-19, Xavi Nyumbang Rp 17,7 M

Presiden Direktur Barito Pacific Group Agus Salim Pangestu mengatakan, sampai saat ini, anak Perusahan Barito Pacific yaitu Chandra Asri, Star Energy dan Yayasan Bhakti Barito telah menyalurkan bantuan peralatan kesehatan secara bertahap, dengan nilai keseluruhan setara dengan Rp 40 miliar.

Terkait hal ini, Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, pihaknya berupaya mengoptimalkan 35 RS di lingkungan BUMN, yang telah menjadi RS rujukan penanganan Covid-19 dengan kapasitas 2.441 kamar rawat inap dan 611 ruang ICU.

"Kita harus bahu-membahu mengatasi tantangan dinamis dalam penanganan pandemi Covid-19. Apabila kita semua kompak, bersama satu visi - baik Pemerintah, dunia usaha dan masyarakat -, maka Insya Allah kita mampu melalui pandemi global ini dengan sangat baik. Pada dasarnya, bangsa Indonesia adalah bangsa yang kuat dengan karakter gotong royongnya," kata Erick dalam acara pemberian penghargaan kepada donatur di Jakarta, Selasa (7/4).

Baca juga : Tangani Covid-19, AS Sumbang Indonesia Rp 37 Miliar

"Saya percaya, akan semakin banyak kekuatan masyarakat dan dunia usaha untuk saling membantu sesama. Baik untuk para tenaga kesehatan, pasien yang terinfeksi, dan juga mereka yang terdampak secara ekonomi. Indonesia Pasti Bisa," imbuhnya.

Selain Barito Pacific, tercatat pula sejumlah donatur lain yang turut menyumbang dana bagi upaya penanganan pandemi Covid-19. Sebut saja China Huadian Hongkong Company (mitra PT Bukit Asam Tbk), Kedutaan Besar Republik Indonesia di Singapura Temasek Holding Private Limited, China Alumunium International, dan perusahan dalam negeri seperti Bakrie Group.

Chairman Barito Pacific Prajogo Pangestu menyampaikan ucapan terima kasih, atas penghargaan yang diberikan oleh Kementerian BUMN.

Baca juga : Hari Ini, Waktu Tunggu MRT Jadi Per 20 Menit

"Kami mengerti, kebutuhan masyarakat terhadap fasilitas RS di tengah pandemi ini sangatlah besar. RS BUMN sebagai rumah sakit rujukan, mengemban tugas yang sangat penting untuk menyediakan pelayanan yang diperlukan masyarakat. Oleh sebab itu,  RS BUMN ini perlu kita dukung secara bersama sama," tutur Prajogo. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.