Dark/Light Mode

Diizinkan Pulang Usai Lima Hari Dirawat

Pangeran Philip Bisa Natalan Di Rumah

Selasa, 24 Desember 2019 21:48 WIB
Pangeran Philip dan Ratu Elizabeth II.  Foto:sgasiatatler.com
Pangeran Philip dan Ratu Elizabeth II. Foto:sgasiatatler.com

RM.id  Rakyat Merdeka - Pangeran Philip meninggalkan rumah sakit pada Selasa setelah dirawat sejak Jumat malam (20/12). Dia dirawat sebagai tindakan perawatan kesehatan rutin. Kini Pangeran Philip bisa ikutan acara Natal bersama Ratu Elizabeth II dan keluarga besar di Istana Sandringham.

Dalam kabar terbaru yang dilaporkan USA Today, nampak suami Ratu Elizabeth II itu mengenakan setelan jas saat keluar dari rumah sakit. Dia dipapah sejumlah petugas kerajaan saat masuk mobil. Pangeran Philip berada Rumah Sakit King Edward VII di London, setelah dibawa ke sana pekan lalu sebagai "tindakan pencegahan".

Pangeran Charles sebelumnya mengatakan ayahnya "dirawat dengan baik". Istana Buckingham mengatakan, Pangeran Philip dibawa ke rumah sakit atas saran dokternya.

Baca juga : Ombudsman Turun Tangan Atasi Polemik Penetapan Tarif Sewa Jaringan Utilitas DKI

"Pangeran Philip berterima kasih keapada rakyat Inggris yang mendoakan kesembuhannya," bunyi pernyataan staf kerajaan Istana Buckingham.

Tidak jelas apakah Pangeran Philip akan menghadiri misa Natal sekaligus acara makan siang bersama keluarga kerajaan. Biasanya, usai misa Natal, Ratu Elizabeth II dan keluarga besar akan melaksanakan sarapan bersama dan mengadakan acara kumpul keluarga.

Pangeran Philip sudah sering bolak-balik rumah sakit selama beberapa tahun belakangan. Sejumlah penyakit yang dia derita adalah infeksi kandung kemih, infeksi paru-paru dan saluran pernapasan. 

Baca juga : Perbankan Mulai Lirik Bisnis Di Desa

Kondisi kesehatan yang buruk inilah yang memaksa Pangeran Philip mengundurkan diri dari segala kegiatan resmi kerajaan pada 2017.

Meski kesehatannya tidak begitu baik, Pangeran Philip mengaku merasa jauh lebih fit setelah mengurangi kegiatan resmi kerajaan. 
Pangeran Philip bahkan menghadiri upacara dan pesta pernikahan cucunya, Pangeran Harry dengan Meghan Markle pada Mei 2018. Padahal beberapa pekan sebelumnya dia baru saja menjalani operasi panggul.

Sejak 2011, Pangeran Philip sudah langganan masuk rumah sakit. Pada 2012, di saat perayaan 60 tahun bertahtanya Ratu Elizabeth II, Pangeran Philip harus diopname gara-gara infeksi kandung kemih.

Baca juga : Antisipasi Demo Hari Ini, Sejumlah Rute Transjakarta Dialihkan

Januari kemarin, Pangeran Philip sempat terlibat kecelakaan mobil. Namun, dia tidak terluka parah. Usai kecelakaan, Philip memutuskan menyerahkan surat izin mengemudinya kepada pihak berwenang. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.