Dark/Light Mode

Angka Kejahatan Turun Selama Pandemi Covid-19

Kamis, 9 April 2020 13:37 WIB
Kombes Asep Adi Saputra (Foto: Istimewa)
Kombes Asep Adi Saputra (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pandemi Covid-19 tidak semuanya membawa dampak negatif. Ada positifinya juga. Salah satunya terhadap angka kejahatan yang terjadi di negeri ini.

Kabagpenum Divisi Humas Polri, Kombes Asep Adi Saputra, mengungkapkan, selama pademi Covid-19, terjadi penurunan yang signifikan terhadap angka kejahatan, pelanggaran, serta gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat secara nasional (Kamtibnas).

Baca juga : Awas, Perokok Lebih Rentan Terinfeksi Covid-19

"Situasi Kamtibnas secara umum, bahwa berdasarkan data evaluasi kondisi Kamtibnas, sampai dengan hari ini alhamdulillah semua dalam kondisi yang kondusif," ujar Asep, dalam konferensi pers secara daring, dari Graha BNPB, Jakarta, Kamis (9/4) seperti dikutip antaranews.com.

Asep merinci, kejahatan pekan ke-13 tahun ini sebanyak 4.197. Kemudian, kejahatan di pekan ke-14 sebanyak 3.743. Hal ini menunjukkan adanya penurunan jumlah kejahatan sebesar 11,03 persen.

Baca juga : Mantan Manajer Timnas Andi Darussalam Tabusalla Positif Covid-19

Sementara, pelanggaran pada pekan ke-13 sebanyak 301 dan pelanggaran di pekan ke-14 sebanyak 139. Angka ini menurun sebesar 53,82 persen.

Selanjutnya, gangguan Kamtibnas pekan ke-13 sebanyak 69 dan gangguan di pekan ke-14 sebanyak 45. Ini juga menunjukkan terjadi penurunan gangguan Kamtibnas sebesar 34, 78 persen.

Baca juga : UIN Bandung Juga Kembangkan Ventilator untuk Pasien Covid-19

"Kondisi Kamtibnas di saat ini sangat kondusif. Bahkan terjadi penurunan angka-angka, baik kriminalitas, pelanggaran dan gangguan Kamtibnas menurun secara signifikan," ujar Asep.

Untuk penanganan Covid-19, Polri menyelenggarakan operasi khusus kepolisian dengan sandi Operasi Aman Nusa Dua. "Operasi ini memiliki tujuan untuk mendeteksi, menjegah, dan menangani, merehabilitasi, menegakkan hukum, dan melaksanakan bantuan operasi kepolisian secara khusus semuanya diorientasikan kepada penanganan penyebaran Covid-19," kata Asep. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.