Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kekumpul 7 Miliar

Tenant Kawasan Industri Jababeka Pasok Alat Kesehatan Ke Gugus Tugas Bekasi

Jumat, 10 April 2020 07:25 WIB
Kekumpul 7 Miliar Tenant Kawasan Industri Jababeka Pasok Alat Kesehatan Ke Gugus Tugas Bekasi

RM.id  Rakyat Merdeka - Wabah virus corona (Covid-19) di Indonesia makin mengkhawatirkan. Jababeka Infrastruktur bersama para tenant berinisiatif untuk memasok berbagai alat kesehatan khusus untuk para petugas medis.

Direktur Utama Jababeka Infrastruktur Tjahjadi Rahardja menilai, petugas medis memiliki peran penting dalam menghadapi ganasnya virus corona (Covid-19).

Pihaknya bersama para tenant di kawasan Jababeka Infrastruktur bergotong-royong untuk memberikan bantuan alat kesehatan. Mereka memasok perlengkapan kesehatan untuk penanganan wabah tersebut.

"Tenant kami berkontribusi sebisa mereka, sebagian melalui barang-barang ada juga dana tunai. Kami harap bantuan ini bisa membantu pemerintah daerah menangani Covid-19, terutama para dokter dan tenaga medis yang memerlukan alat kesehatan,” ungkap Tjahjadi dalam keterangan persnya, Kamis, (10/4).

Dia menjelaskan para tenant-tenant di Kawasan Industri Jababeka tergerak membantu dengan melakukan penggalangan dana. Aksi ini dilakukan sejak tanggal 23 Maret 2020 yang diorganisir oleh Jababeka Infrastruktur selaku pengelola Kawasan Industri Jababeka dan Yayasan Pendidikan Universitas Presiden.

Baca juga : Kadin Dan Yayasan Buddha Tzu Chi Datangkan 80 Ton Alat Kesehatan

Saat ini terkumpul keseluruhan sebesar Rp 7 miliar dan telah diserahkan kepada Satuan tugas (satgas) Covid-19 di Kabupaten Bekasi pada hari Rabu (8/4).

Serah terima donasi secara simbolis berupa alat kesehatan diberikan oleh Direktur Utama Jababeka Infrastruktur Tjahjadi Rahardja kepada Asisten Daerah 2 Kabupaten Bekasi yang mewakili Bupati Kabupaten Bekasi Juhandi dan Ketua Baznas Kabupaten Bekasi Moh. Azis.

Ikut menyaksikan acara tersebut dr. Iskandar selaku Ketua Asosiasi Rumah Sakit Swasta Seluruh Indonesia, Polres Metro Bekasi dan beberapa perwakilan dari setiap donatur perusahaan di Kawasan Jababeka di President University, Kota Jababeka Cikarang.

Alat kesehatan yang diberikan berupa alat pelindung diri (APD), masker, hand sanitizer, cairan desinfektan, sepatu boat, face shield, velbed, dan beberapa bahan kebutuhan pokok.

Ketua Asosiasi Rumah Sakit Swasta Seluruh Indonesia, Iskandar mengungkapkan, pekerjaan tenaga medis itu spesifik.

Baca juga : Alumni UII Bantu Alat Kesehatan ke RS Rujukan Covid-19

"Bantuan perlengkapan penanganan Covid-19 akan sangat berguna," katanya.

Dia berjanji untuk mendistribusikan bantuan tersebut. Pihaknya akan bekerja keras agar bantuan alat kesehatan ini tepat sasaran.

Rencananya, semua alat kesehatan akan dibagikan bertahap kepada 40 rumah sakit swasta, 100 Klinik, dan puskesmas di kecamatan-kecamatan di Kabupaten Bekasi.

“Kami bekerja di hilir. Kami yang menangani langsung orang sakit membutuhkan alat kesehatan seperti APD lengkap. Dengan adanya bantuan ini, petugas kesehatan merasa terbantu dan bisa bekerja jauh lebih maksimal dalam menangani pasien Covid-19. Serta tak menular lagi ke tenaga medis," imbuhnya.

Juhandi mengapresiasi para tenant kawasan industri Jababeka yang melakukan aksi nyata lewat penggalangan dana. Ia yakin bantuan tersebut bisa membantu penanganan penyebaran Covid-19 dan melindungi para tenaga medis saat bekerja.

Baca juga : Kemendagri Minta Pemda Alokasikan APBD Untuk Kesehatan Tepat Sasaran

"Kami mengucapkan terima kasih sebagai pemerintah daerah. Wabah ini sangat berbahaya oleh karenanya diperlukan kerja sama untuk memeranginya. Saya menghimbau agar masyarakat bisa melakukan pencegahan penyebaran sedini mungkin. Kami masyarakat untuk terus waspada," ungkapnya.

Adapun sumbangan yang diberikan para tenant Kawasan Industri Jababeka, antara lain PT Evonik Indonesia yang memberikan hand sanitizer 5 ton dan cairan disinfektan sebanyak 10 ton, PT Tokai Texprint Indonesia yang memberikan kain 1000 yard.

Ada juga PT Haluan yang memberikan jasa menjahit masker sebanyak 5500 buah diikuti PT Chemco yang memberikan baju APD 100 buah, lalu PT Unilever Indonesia dan puluhan tenant serta mitra Jababeka lainnya. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.