Dark/Light Mode

Jadi Ketua DKPP Definitif, Muhammad Diharapkan Perkuat Marwah Lembaga

Kamis, 16 April 2020 07:46 WIB
Prof. Muhammad terpilih sebagai Ketua DKPP definitif menggantikan Dr. Harjono untuk sisa masa tugas 2017-2022. (Foto: Humas Bawaslu)
Prof. Muhammad terpilih sebagai Ketua DKPP definitif menggantikan Dr. Harjono untuk sisa masa tugas 2017-2022. (Foto: Humas Bawaslu)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum (DKPP)  menetapkan Prof. Muhammad sebagai Ketua DKPP definitif menggantikan Dr. Harjono, untuk sisa masa tugas 2017-2022.

Penetapan ini merupakan hasil dari musyawarah rapat pleno DKPP dengan agenda pemilihan Ketua Definitif di lembaga peradilan etik penyelenggara pemilu tersebut. Keputusan dituangkan pada Berita Acara Nomor 002/K.DKPP/SET-01/IV/2020.

Anggota DKPP, Alfitra Salamm mengatakan, dengan terpilihnya Muhammad memberi harapan agar DKPP dapat mempertahankan marwah lembaga.

Baca juga : Antisipasi Covid-19, Muhammadiyah Jawa Timur Siapkan 100 Ribu Paket Sembako

"Supaya ke depan Prof. Muhammad dapat memperkuat lagi kualitas DKPP dan tetap selalu menjaga DKPP sebagai lembaga peradilan etik yang bermartabat dan menjaga proses demokrasi di Indonesia,” tutur Alfitra Salamm dalam keterangan pers DKPP di Jakarta Pusat, Rabu (15/4).

Rapat pleno juga dihadiri oleh seluruh Anggota DKPP lainnya seperti, Teguh Prasetyo, Ida Budhiati, Alfitra Salamm, Didik Suprayitno, Hasyim Asy’ari (ex officio KPU) dan Rahmat Bagja (ex officio Bawaslu).

Sebelumnya, Prof. Muhammad menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt.) Ketua DKPP sejak 8 Januari 2020. Ia dipilih melalui rapat pleno setelah Ketua DKPP yang sebelumnya, Dr. Harjono, mengundurkan diri karena ditunjuk Presiden menjadi Anggota Dewan Pengawas (Dewas) KPK pada Desember 2019.

Baca juga : Pemerintah Diminta Perhatikan Kebutuhan Masyarakat Daerah & Tenaga Medis

Sekedar informasi, sebelumnya di hari yang sama juga dilakukan pengucapan sumpah jabatan Anggota DKPP Pergantian Antar Waktu (PAW) Sisa Masa Tugas 2017-2020 untuk Didik Supriyanto.

Didik bersyukur dengan terlaksananya proses musyawarah mufakat dalam terpilihnya Prof. Muhammad sebagai Ketua DKPP.

Menurutnya, Prof. Muhammad memang figur yang cocok untuk menduduki posisi Ketua DKPP. “Beliau sudah paham betul bagaimana memimpin lembaga ini. Insya Allah akan berjalan baik sesuai dengan aturan main yang ada,” kata Didik.

Baca juga : Cegah Perluasan Covid-19, Pemerintah Disarankan Batasi Migrasi Warga

Anggota DKPP yang lain, Ida Budhiati mengucapkan selamat kepada Prof Muhammad yang baru saja terpilih sebagai Ketua DKPP. Dia juga menaruh harapan bisa memberi manfaat dalam menegakkan keadlian.

"Selamat bekerja dan semoga dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepada para pencari keadilan," ujar Ida. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.