Dark/Light Mode

Tangani Banjir Jabodetabek, Muhammadiyah Kerahkan Kekuatan Penuh

Kamis, 2 Januari 2020 08:40 WIB
Logo MDMC (Foto: Istimewa)
Logo MDMC (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Muhammadiyah turut menangani musibah banjir yang melanda Jabodetabek dan sekitarnya. Potensi Muhammadiyah dalam koordinasi Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) dikerahkan penuh sesuai kebutuhan lapangan.         

Respons awal sudah dilakukan sejak Rabu (1/1) oleh potensi lokal di DKI Jakarta dan Bekasi. Yang diturunkan antara lain tim dari RSIJ Cempaka Putih, RSIJ Sukapura, RSIJ Pondok Kopi, juga relawan Muhammadiyah dari berbagai elemen seperti mahasiswa.         

Bantuan dari beberapa daerah juga dikerahkan untuk membantu operasi tanggap darurat di Jabodetabek. Malam tadi, 4 personil tim asistensi MDMC bergerak dari Yogyakarta dan Bandung untuk beroperasi membantu Pimpinan Muhammadiyah setempat mengelola bantuan darurat. Sebanyak 20 personil anggota SAR Muhammadiyah juga digerakkan dari relawan Muhammadiyah DIY dan Jawa Tengah.

Baca juga : Banjir Jabodetabek Renggut 16 Nyawa

Satu unit mobil Taktis UHAMKA, satu unit mobil taktis dari UMJ, dan satu unit mobil dapur umum digerakkan untuk mendukung operasi dan pergerakan relawan. Induk Pos Koordinasi Tanggap Darurat berada di Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah, Jalan Menteng Raya Nomor 62 Jakarta Pusat, dengan Koordinator Operasi Mashuri Masyuda. 

“Kami coba dukung optimal operasi tanggap darurat di Jabodetabek ini, mengingat prediksi BMKG yang menyatakan musim hujan pada bulan januari ini puncaknya bisa terjadi di akhir Januari,” kata Ketua MDMC PP Muhammadiyah, Budi Setiawan, dalam keterangan yang diterima redaksi, Kamis (2/1).        

Menurutnya, unit bantuan lain juga sudah disiapkan untuk membantu bila diperlukan. Seperti tim dari RS Muhammadiyah dan Aisyiyah. “Kami juga harus fokus kepada semua daerah yang berpotensi banjir selain Jabodetabek. Seperti banjir di Sumatera Barat dan Bengkulu yang juga terjadi minggu lalu,” jelas Budi Setiawan. Dukungan bantuan juga disiagakan dari berbagai elemen seperti LazisMU, Kokam, ‘Aisyiyah dan Nasyiatul ‘Aisyiyah.           

Baca juga : Banjir Jakarta, Masjid Siap Menjadi Tempat Berlindung

Wakil Sekretaris MDMC, Abdul Malik, menambahkan, first responder telah dilakukan pada Rabu kemarin, mulai dari dengan penyebaran informasi kepada masyarakat melalui pimpinan serta warga Muhammadiyah dengan berkoordinasi dengan Pusdatin BPBD DKI Jakarta.

Kemudian menggerakkan relawan Universitas Muhammadiyah Jakarta ke RSIJ Cempaka Putih untuk koordinasi dengan pihak RS yang sekelilingnya sempat ada genangan banjir. Namun RSIJ Cempaka Putih tidak memerlukan evakuasi pasien dan berkas-berkas sudah di amankan.        

Tim Relawan Mahasiswa UHAMKA sudah di daerah Klender untuk koordinasi pihak kelurahan. Tim Relawan UMJ sudah ke Ciledug melakukan assessment. Anggota Korps Relawan Muhammdiyah (KawanMU) Majelis Pelayanan Sosial sebanyak 15 orang juga sudah bergabung. Dilaporkan juga tim dari LazisMU Manggarai sudah menghimpun bantuan masyarakat. Kebutuhan yang diperlukan warga saat ini adalah paket makanan dan paket alat-alat kebersihan. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.