Dark/Light Mode

Pesisir Barat Lampung Diguncang Gempa Bermagnitudo 4

Jumat, 17 April 2020 12:21 WIB
Peta lokasi gempa Liwa, Lampung, Jumat (17/4). (Foto: INAtews)
Peta lokasi gempa Liwa, Lampung, Jumat (17/4). (Foto: INAtews)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wilayah Pesisir Barat Lampung diguncang gempa tektonik bermagnitudo 4 pada Jumat (17/4) pukul 11.27 WIB.

Terkait hal ini, Kepala Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah II Tangerang Hendro Nugroho menjelaskan, episenter gempa tersebut terletak pada koordinat 5.44 Lintang Selatan dan 103.75 Bujur Timur.

Baca juga : Ternate, Maluku Utara Diguncang Gempa M5.8

Pusat gempa berlokasi di laut dengan kedalaman 50 km, yang berjarak 34 km dari arah Barat Daya Pesisir Barat, Lampung.

"Berdasarkan laporan masyarakat, guncangan dirasakan di wilayah Liwa dengan skala I-II MMI ( getaran dirasakan oleh beberapa orang. Benda-benda ringan yang digantung bergoyang). Hasil pemodelan menunjukkan, gempa ini tidak berpotensi tsunami," jelas Hendro, Jumat (17/4).

Baca juga : Lebak Diguncang Gempa M3.4, Getaran Terasa Sampai Sukabumi

Hingga pukul 11.45 WIB, hasil monitoring BMKG tidak memperlihatkan adanya aktivitas gempa susulan.

Hendro memgimbau masyarakat agar tetap tenang, dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Baca juga : Ganjar Apresiasi Warga Jateng yang Tak Mudik

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website ( https://bmkg.go.id atau https://inatews.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.