Dark/Light Mode

IDI Sebut Asap Rokok Bisa Jadi Sumber Penularan Covid-19 

Jumat, 17 April 2020 19:21 WIB
Ilustrasi perokok. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi perokok. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Virus corona Covid-19 kini semakin mengerikan. Penularannya tak hanya melalui droplet, cairan yang keluar dari mulut dan hidung penderita positif Covid-19. Kini, virus yang telah menjadi pandemi global ini disebut bisa menular lewat asap rokok.

Wakil Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Adib Khumaidi menyatakan, asap rokok juga bisa menjadi sumber penularan Covid-19.

Baca juga : Negara Hadir di Tengah Pandemi Covid-19 Yordania

Hal tersebut diungkapkan Adib lewat video wawancaranya dengan televisi swasta yang tersebar di berbagai paltform media sosial. Adib menjelaskan asap rokok yang keluar dari paru-paru seorang penderita Covid-19 bisa menyebar ke orang lain.

Diterangkannya, pada dasarnya, seorang perokok rentan terinfeksi Covid-19 lantaran keadaan paru-parunya tidak dalam kondisi normal dan prima. "Artinya organ pernafasan mereka tidak sesehat orang yang tidak merokok," kata Adib dalam keterangannya.

Baca juga : RUU Cipta Kerja Bisa Jadi Solusi Pemulihan Ekonomi Pasca Corona

Adib menambahkan perokok yang terinfeksi tak mengeluarkan droplet memang tak masalah bagi sekitar. Yang jadi persoalan, jika perokok yang terinfeksi virus Covid-19 merokok di suatu ruangan dan asapnya terhirup orang lain, maka orang yang di ruangan tersebut berpotensi terkena Covid-19. Apalagi dalam suatu ruang tersebut perokok tak menjaga jarak satu meter.

"Pada saat dia merokok dan itu di dalam satu ruangan selama dia tidak droplet sih enggak masalah. Tetapi kalau dalam satu ruangan tertutup sehingga asapnya bisa kemana-mana itu bisa juga menjadi sumber penularan ke orang lain," pungkas Adib. [SAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.