Dark/Light Mode

Brunei Airlines Bawa WNI Dan PMI Balik Ke Jakarta

Sabtu, 25 April 2020 20:18 WIB
Dubes RI Untuk Brunei Darussalam, Sujatmiko. Foto: Istimewa
Dubes RI Untuk Brunei Darussalam, Sujatmiko. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Maskapai penerbangan Royal Brunei Airlines (RBA) akhirnya sepakat membawa pulang warga negara Indonesia (WNI) dan pekerja migran Indonesia (PMI) kembali ke Tanah Air pada 1 Mei nanti.

"Setelah kita melakukan pembicaraam akhirnya RBA sepakat berangkat membawa WNI dan PMI apada 1 Mei pukul 11 pagi. Kita khusus mengangkut warga Indonesia ke Jakarta," jelas Duta Besar Indonesia Untuk Brunei Darussalam Sujatmiko, Sabtu (25/4). 

Mereka yang menaiki burung besi ini adalah WNI yang akan pulang untuk selama-lamanya. "Ini dalam artian tidak akan kembali ke Brunei," papar Dubes Sujatmiko.

Baca juga : Kemenkop Akan Bantu Koperasi Dan UKM Yang Kena Dampak Corona

Persyaratan lainnya adalah mereka yang sudah habis visanya dan tidak bisa kembali ke Indonesia karena hal tertentu.

"Dua kelompok penumpang ini akan pulang bersama satu kelompok lain yaitu saudara kita yang baru saja bebas dari penjara di Brunei Darussalam," sambungnya.

Berhubung pesawat yang dinaiki hanya berkapasitas 150 penumpang dan ditambah kebijakan menjaga jarak, maka penerbangan 1 Mei ini maksimal hanya bisa membawa pulang 98 orang.

Baca juga : Lewati Pemeriksaan Ketat, 398 ABK WNI Dari Miami Tiba di Jakarta

"Maka kita selektif hanya membawa mereka yang benar-benar ingin pulang dan harus pulang yang bisa ikut penerbangan ini," lanjutnya.

Dubes Sujatmiko mengatakan bagi WNI dan PMI yang ingin ikut penerbangan khusus ini harus mendaftarkan diri dengan mengakses link yang sudah disediakan pihak KBRI Brunei.

"Sampaikan alasan mengapa anda harus pulang ke Indonesia. Kami akan seleksi dan jangan lupa menyiapkan surat sehat," pesannya dalam video yang diunggah ke laman YouTube miliknya sendiri.

Baca juga : Terawan Setujui Penerapan PSBB di Jakarta

Dubes Sujatmiko berharap mereka-mereka yang ikut penerbangan ke Jakarta ini adalah warga yang berdomisili di Jakarta.

"Karena jika berada di wilayah yang sudah melaksanakan PSBB, akan ada masalah baru lagi. Tapi kami akan berusaha membantu anda dengan membuat surat keterangan bahwa anda adalah teman-teman yang baru pulang dari Brunei, sehingga tidak diperlakukan seeperti orang yang baru mudik dari Jakarta. Kami akan upayakan ini," tandasnya. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.