Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Muncul Video Relawan Capres

Erick Thohir Merasa Sedang Dibusukkan

Senin, 27 April 2020 06:10 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Rizki Syahputra/RM)
Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Rizki Syahputra/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dukungan agar Erick Thohir maju sebagai capres 2024 kembali muncul. Setelah viral dengan tagar Erick ForPresident2024, kini muncul video relawan. Erick kembali membantah tak pernah bikin gerakan terkait capres. Menteri BUMN ini merasa sedang dibusukkan.

Kemarin, video yang menunjukkan Posko Relawan Erick Thohir for Presiden 2024 berseliweran di media sosial. Mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, hingga pesan berantai melalui Whatsapp. Kapan tepatnya video tersebut disebar, masih belum jelas.

Videonya singkat, hanya 20 detik. Namun, menghebohkan. Bagaimana tidak, di dalamnya terdapat ornamen politik yang biasa digunakan jelang pemilihan umum. Mulai dari spanduk 3 kali 4 meter. Menggunakan latar biru, hijau, dan kuning ala milenial, spanduk itu memam pang foto Erick besar-besar. Tulisannya: POSKO KELURAHAN WARAKAS JAKARTA UTARA. ERICK THOHIR FOR PRESIDENT 2024. Di bawah agak ke kanan ada tulisan IMF (INDONESIA MILENISL FEST) yang dimaksudkan sebagai nama relawan.

Baca juga : Watubun: Tindakan Tak Profesional Harus Ditertibkan dan Diperbaiki

Posko itu berada di sebuah rumah, atau ruko di pinggir jalan. Tidak ada suara seseorang. melainkan kendaraan berlalu-lalang. Di dalam ruangan itu terdapat ratusan kardus, di atasnya kardus ada secarik kertas putih bertuliskan: Paket Bantuan Covid-19 From Relawan Erick Thohir For President 2024. Kelurahan Warakas, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Isi bantuannya ngalahin bansos yang diberikan pemerintah. Meski minus beras, isinya terbilang mewah. 15 mie instan, 2 minyak goreng kemasan ukuran 2 liter, gula pasir 2 kilogram (kg), serta terigu dan telor masing-ma sing 1 kilogram (kg). Semuanya di bungkus rapi menggunakan kardus.

Dikonfirmasi soal ini, Erick memastikan video tersebut dibuat oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Bisa dibilang hoaks, karena bukan dirinya yang membuat. “ini pembusukan. Sebagai informasi, saya tidak pernah buat ini,” tuturnya, kemarin.

Baca juga : Muncul Akun Palsu Erick Thohir for President, Menteri BUMN Tidak Nyaman

Eks bos klub bola Inter Milan ini bahkan meminta bantuan kepada siapa pun yang mengetahui keberadaan posko tersebut. “Kalau ada yang bisa info di mana poskonya, sangat menolong saya,” sambungnya.

Sebelum video ini, tagar #ERICKFORPRESIDENT2024 lebih dulu mencuat ke publik. Erick menegaskan, tidak pernah membuat akun media sosial: Erick Thohir for Indonesia ataupun Erick Thohir for President. Apalagi sampai membuat tagar yang menyatakan dirinya ingin melenggang ke istana merdeka.

"Melalui pesan ini, saya ingin sampaikan bahwa saya tidak pernah membuat akun sosial media baik di FB, instagram ataupun Twitter yang bernama seperti Erick Thohir for Indonesia ataupun Erick Thohir for President,” terangnya, beberapa waktu lalu.

Baca juga : Erick Thohir: Setop Mengeluh, Setop Saling Menyalahkan

Apabila ada postingan dari akun seperti itu, dia memastikan bukan dari dirinya maupun tim. Justru sejak muncul di sosial media yang menyinggung jadi presiden, dirinya merasa tidak nyaman. “Bahkan, postingan tersebut mengganggu kami,” akunya.

Di Twitter, netizen bertanya-tanya siapa yang berulah. Hal seperti ini bukan manuver politik, melainkan orang tidak punya kerjaan. “Siapa yang iseng?” cuit @cagubnyinyir2. Ada juga warganet yang sudah memprediksi jauh-jauh hari kejadian ini. Bahkan menurut dia, Erick kandidat kuat jadi presiden karena telah membantu Joko Widodo dan Ma’ruf Amin menang di Pilpres. “Sejak beliau diangkat menjadi ketua tim sukses Jokowi pernah saya cuitkan (dengan akun lama) Pak Erick adalah calon kuat di periode mendatang (2024),” kata @chirp__john.

Meskipun dibilang hoaks, ternyata banyak juga warganet yang malah menyatakan dukungan. Alasan dukungan macam-macak. “Gua sih setuju aja Pak Erick jadi kandidat RI 1,” imbuh @Hidayat30449869. Akun @StefanoHarmoni mengatakan, Erick harus punya wakil yang tepat biar bisa sukses mimpin Indonesia. Salah satu nama yang disebutnya adalah pria yang akrab disapa Ahok. “Basuki Tjahaja Purnama (BTP) for vice,” pungkasnya. [MEN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.