Dark/Light Mode

Gugus Tugas Sudah Distribusikan Hampir 1,5 Juta APD Ke Seluruh Indonesia

Kamis, 30 April 2020 18:47 WIB
Sejumlah prajurit TNI AU menurunkan bantuan alat kesehatan penanggulangan Covid-19 dari BNPB pusat. (Foto: Antara)
Sejumlah prajurit TNI AU menurunkan bantuan alat kesehatan penanggulangan Covid-19 dari BNPB pusat. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 sudah mendistribusikan 1.492.150 Alat Pelindung Diri (APD) ke seluruh Indonesia. Jumlah itu belum semuanya. Masih ada stok di dalam gudang.

"Yang masih ada di gudang sampai dengan hari ini 334.600 alat pelindung diri," ujar Wakil Asisten Operasi Panglima TNI Marsekal Pertama TNI Jorry S Koloay saat jumpa pers di Graha BNPB, Kamis (30/4).

Baca juga : Gugus Tugas Covid-19: Data Terbuka Bukan Berarti Langsung Sempurna

Selain baju hazmat, alat material kesehatan lain yang juga sudah disalurkan adalah google sebanyak 3.000 buah, masker bedah sebanyak 774 ribu, peralatan rapid test sebanyak 285 ribu, dan sarung tangan medis sebanyak 304 ribu.

Terbanyak, APD didistribusikan ke DKI Jakarta dengan jumlah 238.050 buah. Disusul kemudian oleh Jawa Barat dengan 124 ribu, Jawa Timur dengan 102.600, Jawa Tengah sebanyak 80.700, Banten 65.100 buah, Bali 42.400 buah, serta DI Yogyakarta sebanyak 30.700 buah.Provinsi-provinsi lain, menyusul.

Baca juga : Mulai Besok, Kemenhub Stop Seluruh Penerbangan

"Sudah direncanakan distribusi ke beberapa provinsi. Khusus untuk hari ini akan didistribusikan ke 29 daerah dengan mengerahkan pesawat TNI Angkatan Udara," ungkapnya.

Untuk memastikan penyaluran alat material kesehatan tersebut tepat sasaran, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 sudah menerbitkan Prosedur Tetap (Protap) dan Panduan Distribusi Alat Material Kesehatan.

Baca juga : Bantu Atasi Dampak Covid-19, Pertamina Distribusikan 1.800 Paket Sembako untuk Lansia

Protap dibuat untuk menciptakan kesatuan data yang valid, terintegrasi, dan cepat dalam penyusunan laporan kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

"Di dalam protap sudah terurai jelas apa saja yang harus dilakukan. Saat ini sistem sudah berjalan baik. Negara menjamin ketersediaan logistik alat material kesehatan di seluruh Indonesia," tandas Jorry. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.