Dark/Light Mode

Gandeng Angkasa Pura Kargo, FKS Sehat Gelar Rapid Test Gratis 

Selasa, 5 Mei 2020 16:08 WIB
Rapid test yang dilakukan Fokus Keluarga Sehat. (Foto: Dok.  FKS Sehat)
Rapid test yang dilakukan Fokus Keluarga Sehat. (Foto: Dok. FKS Sehat)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Fokus Keluarga Sehat (FKS Sehat) mengadakan rapid test massal gratis di lingkungan terminal kargo Soekarno Hatta, Kamis (30/4). Ini merupakan kali kedua, setelah sebelumnya tes massal pertama digelar pada 9 April 2020.

Rapid test dengan menggunakan alat Vazyme ini diikuti hingga 300 petugas bea cukai, imigrasi Angkasa Pura II Cargo, Gudang Gapura, Garuda Indonesia Kargo, Perusahaan Pengurusan Jasa Kepabeanan (PPJK), AVSEC, dan petugas-petugas lainnya di lingkup Terminal Kargo Soekarno-Hatta. Mereka tetap beroperasi penuh selama masa gawat darurat kesehatan masyarakat akibat pandemi Covid-19 ini. 

Yanuar Samron, Direktur FKS Sehat menyatakan, petugas-petugas yang bekerja di Terminal Kargo Soekarno-Hatta adalah garda terdepan dalam memastikan kelancaran arus masuk alat-alat medis yang diimpor dari luar negeri. Mereka terus bekerja keras sebagai upaya bersama mengatasi dampak penyebaran virus yang lebih luas lagi. 

Baca juga : Galang Dana Perangi Covid-19, Formula E Gelar Balapan Virtual

"Namun, mereka juga rentan terpapar karena lini tugas yang dijalankan. Oleh karenanya, kami mengutamakan test massal kepada para petugas-petugas di lingkup terminal kargo sini. Karena ini menjadi usaha penting dalam upaya pemutusan rantai penyebaran Covi-19," kata Yanuar, dalam keterangan yang diterima redaksi, Selasa (5/5).

General Manager Logistik dan Distribusi Angkasa Pura Kargo, Ade Yolando Sudirman menyebut, FKS Sehat menjadi yang pertama mengadakan rapid test bagi pegawai di lingkungan Terminal Kargo Soekarno-Hatta. Langkah ini disambut baik Angkasa Pura Kargo. 

"Kami bersyukur sekali dan berterima kasih kepada FKS Sehat telah memberikan kesempatan melakukan rapid test kepada para pegawai kami serta petugas lainnya di lingkup Terminal Kargo. Terlebih ini sudah kali kedua diadakan, di mana untuk test seperti ini memang sebaiknya dilakukan secara reguler. Kami menilai tes cepat seperti ini menjadi krusial terutama bagi kami yang menjadi gerbang utama masuknya barang-barang dari negara negara lain, termasuk APD, obat-obatan, test kit dan sebagainya," ungkapnya.

Baca juga : Halodoc dan Gojek Sediakan Rapid Test Gratis, Begini Caranya

FKS Sehat menggunakan Vazyme Rapid Test Covid-19 yang telah mendapatkan lisensi the United States Food and Drug Administration (US FDA), lembaga pengawas makanan dan obat-obatan Amerika Serikat (dengan merek dagang Biolidics), melalui Emergency Use Authorization (EUA). Selain itu, Vazyme juga berlisensi National Medical Products Administration (NMPA), badan pengawas produk medis dan obat-obatan Tiongkok; Health Sciences Authority (HSA), regulator produk kesehatan, bank darah, dan alat medis Singapura.

Vazyme teruji secara klinis memiliki tingkat keakurasian 95,09 persen, dengan sensitivitas terhadap virus SARS COVID 2 sebesar 91,54 persen serta specificity (kekhususan) terhadap virus sebesar 97,02 persen. Tes dilakukan secara hati-hati oleh dokter dan perawat yang didatangkan secara khusus, dengan terlebih dahulu mengukur temperatur tubuh peserta sebagai screening awal gejala. 

Berbeda dengan tes antigen yang harus menggunakan darah venipuncture atau plasma darah yang disentrifugasi dan dilakukan di ruang lab yang steril untuk mencapai akurasi, tes antibodi rapid dapat dilakukan cukup dengan menggunakan darah dari tusukan jari serta dapat dilakukan dalam pengaturan drive-through. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.