Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Halodoc dan Gojek Sediakan Rapid Test Gratis, Begini Caranya

Jumat, 10 April 2020 11:19 WIB
Ilustrasi foto: Istimewa
Ilustrasi foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Gojek dan Halodoc menyediakan tes cepat (rapid test) Corona atau Covid-19 gratis lewat mekanisme drive thru untuk masyarakat umum melakukan screening awal.

Keduanya juga menggandeng Rumah Sakit Mitra Keluarga sebagai tim medis lapangan dan Pusat Pengelola Komplek Kemayoran (PPKK) sebagai penyedia area pelaksanaan tes tersebut.

CEO Halodoc, Jonathan Sudharta mengatakan, assessment risiko salah satunya dalam bentuk pelaksanaan rapid test massal. Hal itu berperan penting dalam menekan laju penyebaran virus Corona atau Covid-19.

Baca juga : Hasil Sidak Mentan, Pasokan Daging Aman Hingga Lebaran

"Dengan dukungan teknologi, Halodoc ingin memudahkan masyarakat untuk melakukan screening awal yang mudah, akurat, dan sejalan dengan himbauan physical distancing untuk memastikan keamanan dan keselamatan masyarakat," kata Jonathan melalui siaran pers, Kamis (9/4).

Saat ini, layanan tes drive thru ini tersedia bagi warga yang berdomisili di Jakarta dan tidak dikenakan biaya untuk penyediaan alat rapid test dan jasa tenaga medis yang menjalankan pemeriksaan tersebut. Adapun tes gratis ini akan dilakukan selama periode 10 April - 17 April 2020.

Co-CEO GojekGroup, Andre Soelistyo mengungkapkan melalui kolaborasi Halodoc dengan Gojek, akan semakin banyak masyarakat Indonesia yang bisa mengakses tes cepat (rapid test) Covid-19. Sehingga penyakit tersebut akan semakin mudah terpetakan dan bisa ditekan penyebarannya.

Baca juga : Ringankan Nasabah, BNI Syariah Lakukan Restrukturisasi Pinjaman

"Hal ini sejalan dengan komitmen kami untuk berada di garda terdepan dalam mencegah penyebaran Covid-19 guna memastikan keamanan dan kesehatan masyarakat Indonesia," tambah Andre.

Untuk proses rapid test yang disediakan Halodoc tergolong mudah dan sesuai dengan arahan pemerintah,yaitu hanya dijalankan terhadap pasien berisiko sedang dan tinggi. Bagi orang yang ingin melakukan rapid test, pertama, pengguna harus melakukan konsultasi jarak jauh dengan dokter yang khusus menangani Covid-19 lewat aplikasi Halodoc.

Adapun layanan konsultasi Halodoc ini juga dapat diakses oleh masyarakat melalui aplikasi Gojek dengan memilih shuffle card Check Covid-19 yang tersedia pada tampilan aplikasi Gojek.

Baca juga : 3 Hari Lakukan 10 Ribuan Rapid Test Di Jakarta, 121 Orang Dinyatakan Positif Corona

Kedua, jika dokter menilai pengguna perlu dirujuk untuk melakukan rapid test sebagai tes lanjutan,maka pengguna cukup mengklik BOOK APPOINTMENT pada rangkuman chat dokter untuk menentukan tempat dan waktu pemeriksaan.

Pada saat melakukan pemeriksaan, pengguna dihimbau untuk datang ke lokasi dengan menggunakan sepeda motor atau mobil pribadi, atau menggunakan layanan transportasi online dengan tetap memperhatikan panduan keamanan selama perjalanan.

Hasil pemeriksaan akan diinformasikan 1 hari setelahnya melalui SMS atau aplikasi Halodoc. Jika hasilnya positif, maka akan direkomendasikan untuk kembali berkonsultasi dengan dokter di Halodoc untuk menentukan penanganan selanjutnya, misalnya isolasi mandiri maupun pemeriksaan lanjutan ke rumah sakit rujukan pasien virus corona. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.