Dark/Light Mode

Universitas Gangwon-Korsel Salurkan APD ke Fakultas Kedokteran UI

Selasa, 5 Mei 2020 22:43 WIB
Penyerahan APD dari Universitas Nasional Gangwon, Korea, ke Fakultas Kesehatan UI. (Foto: Istimewa)
Penyerahan APD dari Universitas Nasional Gangwon, Korea, ke Fakultas Kesehatan UI. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Fakultas Pascasarjana Kedokteran Universitas Nasional Gangwon dan Rumah Sakit Universitas Nasional Gangwon menyerahkan bantuan berupa alat pelindung diri (APD) untuk 150 tim medis Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI). APD yang diserahkan berupa hazmat, kacamata keamanan, dan perlindungan wajah. 

Penyerahan dilakukan Direktur Pascasarjana Kedokteran Univeritas Gangwon Cho Sung-joon dan Direktur RS Universitas Gangwon Lee Seung-joon, di Gedung Utama Fakultas Kedokteran UI, Salemba, Jakarta, Selasa (5/5). Acara penyerahan dihadiri Wakil Dekan Fakultas Kedokteran UI Anis Karuniawati, Departemen Teknik Biomedis Prof Francis D Suyata, Fakultas Pascasarjana Kedokteran Universitas Nasional Gangwon Prof Lee Hee-je, Komite Penasihat Perdamaian dan Unifikasi Lee Ji-wan, dan Direktur Korea Trade-Investment Promotion Agency (KOTRA) Lee Jong-yoon.

Baca juga : Antisipasi Krisis Pangan Akibat Kekeringan, Jokowi Beri 3 Arahan Ini

Sampai saat ini, kasus Covid-19 di Indonesia terus bertambah. Per Selasa (5/5), kasus positif sudah mencapai 12.071. Sebanyak 872 orang meninggal, dan 2.197 berhasil disembuhkan. Namun, dalam upaya perang melawan virus corona ini, Indonesia masih kekurangan APD. 

Universitas Nasional Gangwon dan UI telah menandatangani perjanjian kerja sama pada 2018 untuk melakukan berbagai kegiatan pertukaran. Universitas Nasional Gangwon melakukan pertukaran medis antara Korsel dan Indonesia, mengutus profesor dari Fakultas Pascasarjana Kedokteran sebagai profesor penelitian untuk Fakultas Kedokteran UI. 

Baca juga : BGR Logistics Salurkan Alkes Penanganan Covid-19

“Kami percaya bahwa masa-masa sulit akan berlalu di Indonesia seperti Korea. Dan mari kita atasi krisis bersama melalui lebih banyak kerja sama dan gotong royong,” kata Direktur Fakultas Pascasarjana Kedokteran Universitas Nasional Gangwon, Cho Sung-joon, dalam keterangan yang diterima redaksi, Selasa (5/5).

Profesor Lee Hee-je, yang diutus dari Pusat Medis Universitas Nasional Gangwon, mengatakan, keselamatan personel medis sangat penting bagi penanganan Covid-19. “Sebagai bukti kepedulian, kami akan menyediakan persediaan pelindung untuk keselamatan staf medis di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia,” ucapnya.

Baca juga : Pertamina Peduli Salurkan APD di Sejumlah Faskes di Kabupaten Bogor

KOTRA Indonesia juga memiliki peran penting dalam kegiatan CSR ini. KOTRA melakukan pengurusan bea cukai dan pengiriman APD tersebut. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.