Dark/Light Mode

Dipercaya Satgas Bencana Nasional BUMN

BGR Logistics Salurkan Alkes Penanganan Covid-19

Selasa, 5 Mei 2020 10:12 WIB
Direktur Utama BGR Logistics M Kuncoro Wibowo
Direktur Utama BGR Logistics M Kuncoro Wibowo

RM.id  Rakyat Merdeka - Bhanda Ghara Reksa atau lebih dikenal BGR Logistics mendapat kepercayaan Satuan Tugas Bencana Nasional BUMN untuk mendistribusikan alat kesehatan (alkes) penanganan Covid-19. Nanti alkes ini akan disalurkan ke rumah sakit BUMN di seluruh Indonesia.

Sebagai BUMN penyedia jasa logistik, kemampuan BGR tak perlu diragukan lagi. Dalam rangka penanganan Covid-19, BGR dipercaya Satgas Bencana Nasional BUMN untuk mendistribusikan alkes yang dikoordinir Yayasan BUMN Hadir Untuk Negeri.

Ketua Yayasan BUMN untuk Indonesia, Harjawan Balaningrath mengungkapkan, nantinya alkes tersebut didistribusikan ke rumah sakit BUMN di seluruh Indonesia. Tentunya melalui berkoordinasi dengan Pertamina Bina Medika IHC.

Hingga akhir maret, terdapat puluhan ribu alkes yang dikoordinasikan untuk dikirimkan ke 70 rumah sakit BUMN di seluruh Indonesia.

Baca juga : BPS: Data Tunggal Produksi Pangan Nasional Telah Digunakan Kementan

Alkes yang didistribusikan tersebut di antaranya Alat Pelindung Diri (APD), ventilator, dan swab kit untuk penanganan Covid-19. Hingga saat ini, proses distribusi bantuan alkes masih terus berlangsung.

Sekadar informasi. Pendistribusian alkes tersebut telah dilakukan sejak pertengahan Maret lalu ke sejumlah rumah sakit di Indonesia. Seperti DKI Jakarta, Lampung, Aceh, Banten, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Bangka Belitung, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Riau, Kepulauan Riau, Papua Barat, dan daerah lainnya.

Direktur Utama BGR Logistics M Kuncoro Wibowo menerangkan, sebelum didistribusikan ke seluruh rumah sakit BUMN, alkes terlebih dahulu disimpan di Distribution Center (DC). Tepatnya di kompleks pergudangan BGR Logistics di DKI Jakarta untuk didata.

“Kami menyiapkan sekitar 1.500 meter persegi gudang untuk menampung dan mendata bantuan tersebut sebelum didistribusikan ke tujuan,” ungkapnya melalui siaran pers yang diterima Rakyat Merdeka, kemarin.

Baca juga : Ini 4 Titik Rawan Korupsi Penanganan Covid-19

Dalam proses penyimpanan di gudang dan distribusi, BGR Logistics juga menggunakan sistem Warehouse Integrated Application milik BGR Logistics. Tujuannya untuk mendata jumlah stok barang masuk dan keluar, serta yang berada di dalam gudang.

Sedangkan untuk proses distribusi, seluruh proses dimonitor dengan sistem Fleet Integrated and Order Monitoring Application. “Seluruh sistem tersebut kami gunakan untuk menjaga proses distribusi bantuan alat-alat kesehatan yang dikoordinasikan,” tutur Kuncoro.

Dalam proses pengerjaan distribusi, BGR Logistics juga menerapkan protokol kesehatan dan physical distancing bagi semua pekerja yang bertugas. Mengingat, perseroan selalu berperan aktif membantu pemerintah dalam penanganan Covid-19 dan berharap, pandemi ini segera selesai.

Sekadar informasi. BGR Logistics merupakan BUMN penyedia jasa logistik yang memiliki layanan logistik terintegrasi. Mulai dari logistics solution, integrated logistics solution & supply chain, dan waste integrated solution.

Baca juga : Pertamina EP Salurkan Bantuan APD Ke RS Rujukan Covid-19

Sebagai BUMN yang berdiri sejak 11 April 1977, BGR bertransformasi menjadi perusahaan logistik digital dengan tagline perusahaan “Beyond Digital Logistics Company". Di mana BGR Logistics memberikan solusi sistem logistik berbasiskan IT kepada para pelanggan. [MEN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.