Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bantu Tangani Covid-19, Indonesia Bright Foundation Serahkan APD Ke Empat Rumah Sakit

Jumat, 15 Mei 2020 21:00 WIB
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Minimnya Alat Pelindung Diri (APD) yang dimiliki sejumlah rumah sakit di Jakarta membuat banyak organisasi bersimpati dan melakukan gerakan sosial dengan memberikan bantuan kepada tenaga kesehatan dalam memerangi Covid-19 ini.

Salah satunya adalah Indonesia Bright Foundation (IBF). IBF merupakan organisasi nirlaba yang dibangun oleh alumni program fellowship dari Singapore International Foundation.

Berkolaborasi dengan Mohammad Hatta Center dan sejumlah donator individu lainnya, IBF menyumbangkan puluhan Alat Pelindung Diri (APD) reusable dan vitamin kepada tenaga medis di empat rumah sakit di Jakarta yaitu RS Jakarta Medical Center (JMC), RSUD Koja Jakarta, RSUP Sitanala Tangerang, dan RS Harum Sisma Medika Jakarta Timur pada bulan ini.

Baca juga : Tangani Covid-19, Porsi Peran Wapres Perlu Diperbesar

Chairwoman IBF, Dian Permatasari Mashari, menyampaikan bahwa bantuan APD ini terwujud berkat gotong royong dan kecepatan respon para anggota IBF dalam berpartisipasi memberikan solusi atas persoalan APD yang dihadapi tim medis.

"Bantuan ini adalah wujud dari rasa perhatian dan kepedulian kami kepada tim medis atas dedikasi mereka yang luar biasa dalam menangani pasien baik yang telah terbukti positif COVID-19 maupun baru terduga," ujar Dian di Jakarta, Jumat (15/5).

Lebih lanjut menurutnya, APD reusable tersertifikasi dipilih IBF sebagai opsi donasi karena satu APD reusable dapat digunakan sebanyak 15-20 kali sesuai hasil uji APD tersebut.

Baca juga : Yayasan Ibnu Sina Bagikan Paket Sembako Di Kedoya Jakarta

"Dan dengan memakai APD tersertifikasi, tim medis mendapatkan keamanan yang selayaknya dalam bertugas," tutur Dian. Selain di Jakarta, anggota IBF lainnya, Moch. Nunung Kurniawan, yang juga merupakan Koordinator Tim Gerak Cepat Alumni Pati, bersama juga dengan anak-anak asuh IBF sebelumnya telah melakukan gerakan sosial sejenis di Jawa Tengah.

Di samping itu, IBF berkolaborasi dengan beberapa institusi lain saat ini sedang mengupayakan donasi ventilator portable ke beberapa RS untuk membantu pasien Covid-19 yang sesak nafas.

“Bantuan ini tentunya tidak seberapa namun saya yakin apabila masyarakat Indonesia bergotong royong melakukan gerakan yang sama, upaya pencegahan penyebaran Covid-19 dapat menjadi maksimal. Dalam situasi seperti ini, kita tidak dapat sepenuhnya menyerahkan penanganan pandemi ini kepada Pemerintah. Semangat gotong royong seluruh pihak perlu kita lakukan,” pungkas Dian. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.