Dark/Light Mode

Obat Herbal Corona, Pengamat Ini Sarankan Jokowi Panggil Penemu Jamu Pancasila

Rabu, 20 Mei 2020 22:39 WIB
Obat Herbal Corona, Pengamat Ini Sarankan Jokowi Panggil Penemu Jamu Pancasila

RM.id  Rakyat Merdeka - Pandemi Covid-19 sudah hampir tiga bulan menghantui masyarakat sejak pertama terdeteksi di Indonesia, 2 Maret 2020. Meskipun pemerintah telah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di sejumlah daerah, namun, hingga kini belum ada tanda-tanda wabah itu akan berakhir. Bahkan, per hari ini, Rabu (20/5), tercatat ada tambahan 693 kasus baru positif sehingga totalnya menjadi 19.189. Itu merupakan tambahan kasus terbesar sejauh ini.

“Situasi ini telah membuat perekonomian karut marut. Demikian juga dengan pola kehidupan yang semakin tidak ada kepastian, masyarakat dipaksa harus mengurung diri di rumah biar tidak terpapar virus corona. Sementara, pernyataan-pernyataan pemerintah belakangan ini semakin membuat rakyat bingung,” ucap pengamat politik Tom Pasaribu, Rabu (20/5).

Baca juga : TIKI Siap Hadapi Lonjakan Pengiriman Barang Jelang Lebaran

Direktur Eksekutif Komite Pemantau dan Pemberdayaan Parlemen Indonesia (KP3-I) menambahkan, kondisi sekarang diperparah ulah para kartel obat dan alat-alat medis yang seakan sengaja memanfaatkan situasi untuk meraih keuntungan besar. “Saya melihat sepertinya situasi dan kondisi ini sengaja dipelihara oknum agar kebutuhan APD, sanitizer, vitamin C, vitamin E, dan obat-obat lainnya melambung harganya dan susah didapat, atau ada hal lain yang ditutupi,” ucap Tom.

Tom pun mengajak masyarakat untuk “memberi pelajaran” ke oknum tersebut. Salah satu caranya, menggunakan bahan herbal. Tom menuturnya, saat ini ada Jamu Pancasila, ramuan herbal milik Dr Suradi, yang terbukti mampu membantu menyembuhkan pasien Covid-19. Jamu tersebut bahkan pernah digunakan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 untuk pasien di RS Darurat Wisma Atlet.

Baca juga : Jokowi Senang Juga Waswas

Tom pun mengusulkan ke Presiden Jokowi untuk memanggil Dr Suradi untuk memintai penjelasan mengenai jamu tersebut. “Kalau betul dan terbukti jamu herbal itu ampuh, rakyat Indonesia akan cepat terbebas dari virus corona. Meskipun, mungkin virus tersebut akan tetap berdampingan dengan kehidupan masyarakat,” ucapnya. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.