Dark/Light Mode

Kondisi Kesehatannya Diperhatikan

Bahar Bin Smith Bantah Diperlakukan Buruk Di Penjara

Minggu, 24 Mei 2020 21:03 WIB
Bahar Bin Smith mengaku diperlakukan dengan baik di dalam LP Batu, Nusakambangan, Jawa Tengah. (Ist)
Bahar Bin Smith mengaku diperlakukan dengan baik di dalam LP Batu, Nusakambangan, Jawa Tengah. (Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kabar baru datang dari Bahar bin Smith yang saat ini ditahan di Lapas Batu Nusakambangan, Jawa Tengah.

Melalui sebuah video yang beredar, Bahar memberikan pesan kepada keluarga, termasuk kepada jamaahnya terkait dengan kondisinya pasca kembali ditangkap pada Selasa (19/5). 

Mengenakan kaos dan penutup kepala warna merah, Bahar menegaskan bahwa kondisinya saat ini dalam keadaan sehat dan baik-baik saja.

“Bahwasanya mulai dari pertama kali di pondok pesantren diambil oleh pihak Lapas, kemudian dibawa ke Lapas Gunung Sindur, dari Gunung Sindur dibawa ke sini ke Lapas Batu Nusakambangan, mulai dari saat itu sampai sekarang saya berada dalam keadaan sehat walafiat alhamdulillah,” ucap Bahar dalam video yang diterima redaksi Minggu (24/5).

Baca juga : Demi Keamanan, Bahar Smith Dipindahkan Ke Nusakambangan

Bahar juga memastikan dirinya diperlakukan dengan baik oleh pihak Lapas sesuai standar operasional prosedur (SOP) yang ada.

"Saya diperlakukan dengan bagus, sesuai dengan SOP. Seluruh para petugas yang terkait dengan masalah Lapas baik di Gunung Sindur ke sini semuanya melayani saya dengan sesuai standar,” jelas Bahar.

Hal itu ia sampaikan untuk mengklarifikasi adanya kabar di media sosial bahwa dirinya diperlakukan tidak baik dengan cara dipukul saat berada di Lapas Nusakambangan.

“Tidak ada seperti kabar di luar sana bahwasanya saya dipukuli, saya bonyok-bonyok, saya diginiin, tidak ada itu. Semuanya bicara baik, bicara bagus, bicara lembut dan saya sebagai warga binaan yang baik ketika petugas baik kepada saya, maka saya berlaku lebih baik lagi, lebih nurut. Ketika saya diperlakukan dengan lembut, maka saya akan lembut lagi,” urainya.

Baca juga : Laboratorium Kesehatan Hewan Kementan Dukung Pengujian Covid-19

“Tapi kalau saya diperlakukan dengan buruk dari awal, maka saya bakal lebih jahat dan lebih buruk lagi terhadap, tapi tidak, saya diperlakukan dengan baik maka saya lebih baik lagi,” tandasnya.

Bahar juga menginformasikan bahwa rambutnya sudah dipotong. Pemotongan rambut ini kata dia, tak ada unsur paksaan.

Ia mengaku sebagai warga binaan, nurut dengan SOP lapas, dimana semua warga binaan yang masuk LP Batu, Nusakambangan rambutnya wajib dipangkas.

Begitupun soal riwayat sakit lambung yang dideritanya. Kata dia, petugas lapas senantiasa memperhatikan kondisi kesehatannya.

Baca juga : 6 Mei, Jawa Barat Terapkan PSBB Serentak

Asupan makananan yang diberikan petugas juga baik dan selalu diberikan obat disamping makanannya. "Saya juga selalu ditensi," kata Bahar.

Pada kesempatan itu, Bahar juga berharap orang tua, istri dan anak didiknya/jamaahnya tak lagi mencemaskan keadaannya di penjara. "Semua yang berjalan di LP Batu Nusakambangan, sudah sesuai dengan SOP," katanya.  [FAZ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.