Dark/Light Mode

Warga Distrik Kaureh Happy, Bisa Nikmati Listrik 24 Jam

Sabtu, 13 Juni 2020 12:23 WIB
Warga Distrik Kaureh Papua kini bisa menikmati terangnya listrik PLN selama 24 jam. (Dok : Humas PLN)
Warga Distrik Kaureh Papua kini bisa menikmati terangnya listrik PLN selama 24 jam. (Dok : Humas PLN)

RM.id  Rakyat Merdeka - Warga Distrik Kaureh Papua bahagia karena kini bisa menikmati terangnya listrik PLN selama 24 jam. 

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat, J. A. Ari Dartomo menjelaskan, Kaureh merupakan salah satu Distrik yang berada di Kabupaten Jayapura.

Sebelumnya, listrik menyala hanya 12 jam di Distrik Kaureh. Daerah ini merupakan sistem isolated karena lokasinya yang terpencil dipasok dari Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Lereh berkapasitas 40 kW. 

Baca juga : Asyik! Warga Tanjung Boleng NTT Kini Nikmati Listrik PLN

"PLN berhasil menyalakan listrik di daerah tersebut 24 jam, kini warga bisa menikmati terangnya listrik seharian penuh," tutur Ari Dartomo.

PLN berharap, dengan meningkatnya jam nyala listrik di wilayah tersebut, bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Ari juga mengungkapkan, perjalanan menuju Distrik Kaureh tidaklah mudah,  harus ditempuh selama 5 jam melalui jalur darat dari PLN ULP Genyem.

Baca juga : Survei Seismik Laut 2D, Pertamina Telah Lintasi 23.063 Km

Terdiri dari empat kampung, yakni Lapua, Soskotek, Sebum dan Sisik, total pelanggan saat ini mencapai 266 KK.  Distrik Kaureh diprediksi memiliki potensi penambahan menjadi 350 pelanggan hingga akhir Tahun 2020.

Kini kata dia, PLN berhasil menghubungkan kelistrikan di Distrik Kaureh dengan sistem kelistrikan Jayapura yang dipasok dari Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Orya Genyem dengan membangun JTM sepanjang 8,05 kms.

“Ini adalah bentuk layanan optimal kami kepada pelanggan. Rasa senang bukan hanya dirasakan oleh masyarakat di Distrik Kaureh, tetapi rekan-rekan PLN yang sudah bekerja keras pun merasakan kebahagiaan melihat Distrik Kaureh dapat terlistriki 24 jam,” ujar Ari.

Baca juga : Hari Raya Idul Fitri Jatuh Pada Minggu 24 Mei

Kepala Kampung Lapua, Okto Lambe, menyampaikan terima kasih kepada PLN karena telah meningkatkan layanan listrik dari 12 jam ke 24 jam.

"Ini merupakan harapan kami yang cukup lama, akhirnya kami dapat menikmati listrik siang dan malam," tutup Okto Lambe.  [FAZ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.