Dark/Light Mode

Jelang Setahun Jokowi-Ma’ruf

Reshuffle Menteri Yang Kinerjanya Tidak Memuaskan

Sabtu, 20 Juni 2020 07:09 WIB
Presiden Jokowi saat mengumumkan para menterinya. (Foto: ist)
Presiden Jokowi saat mengumumkan para menterinya. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jelang satu tahun pemerin­tahan, wacana reshuffle Kabinet Indonesia Maju terus menguat. Tak hanya para elite, rakyat pun menginginkan adanya peromba­kan kabinet.

Hal itu tertuang dalam hasil survei terbaru dari lembaga arus Survei Indonesia (ASI) yang digelar dari 9 hingga 12 Juni 2020 di 34 provinsi di Indonesia memakai cara telesurvei.

Survei yang melibatkan 1.000 responden dengan margin of error +/­ 3.1 persen itu menye­ butkan 75,6 persen responden setuju dengan reshuffle atau pergantian menteri pada Kabinet Indonesia Maju jilid II. Dengan 20,5 persen sangat setuju dan 55,1 persen setuju.

Baca juga : Seknas Jokowi: Relawan Dukung Kinerja Menteri BUMN

Sementara yang tidak setuju dengan reshuffle kabinet hanya 16,9 persen. Sisanya 7,5 persen mengaku tidak tahu atau tidak jawab.

Melihat data itu, Direktur Eksekutif arus Survei Indonesia Ali Rifan dalam keterangan persnya, kemarin, mengatakan, keinginan agar presiden melaku­ kan perombakan kabinet karena kinerja para menteri kurang me­muaskan. Rakkyat menginginkan agar kinerja kabinet di tahun kedua dan berikutnya lebih baik lagi.

“Temuan survei ini bisa menjadi catatan evaluasi bagi Presiden Jokowi untuk meninjau kembali para pembantunya,” tutur Rifan, kemarin.

Baca juga : Mendag-Mentan Tak Memuaskan

Lantas menteri mana saja yang kinerja baik, Rifan menya­takan dari hasil survei, kinerja Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto berada di peringkat atas dengan total 43,7 persen. Untuk posisi kedua ada Menteri luar Negeri (Menlu) retno lestari Marsudi dengan angka kepuasan 38,0 persen dan peringkat tiga ada Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD dengan angka 37,9 persen.

Posisi keempat, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim dengan ting­kat kepuasan 37,8 persen. Po­sisi kelima ditempati Menteri Pemberdayaan Perempuan dan anak Gusti ayu Bintang Dar­mavati dengan 37,0 persen.

Sementara, Menteri Hukum dan Hak asasi Manusia Yasonna Laoly 27,1 persen dan Menteri Kesehatan Terawan agus Pu­ tranto 27,5 persen.

Baca juga : Menteri Yang Kelihatan Kerja Cuma Itu...Itu Saja

Menteri Koordinator Ke­maritiman dan Investasi luhut Binsar Pandjaitan 26,1 persen, Menteri Agama Fachrul razi 23,8 persen. Posisi paling bontot adalah Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo 23,3 persen.

Kendati kinerja para menteri­ nya kurang, rakyat masih puas dengan kepemimpinan Jokowi. Buktinya, ada 67,4 persen re­sponden merasa puas. Jumlah ini merupakan gabungan antara angka cukup puas dan sangat puas.

Sedangkan 25,3 persen respon­ den merasa tidak puas. 7,3 Persen responden memilih tidak men­jawab atau tidak tahu. [REN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.