Dark/Light Mode

Jelang Puasa

Jokowi Janjikan Pangan Murah

Jumat, 3 April 2020 12:44 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi

RM.id  Rakyat Merdeka - Harga gula pasir dan bawang putih masih mahal. Menanggapi hal ini, Presiden Jokowi berjanji harga bahan pokok akan kembali stabil menjelang Ramadan. 

“Untuk gula, saya dapat laporan Mentan bahwa minggu depan akan turun ke kondisi normal yakni Rp 12.500/ kg. (Impor) bawang beberapa juga sudah masuk. Kita harapkan bawang putih, minggu depan atau minggu ini kembali normal di harga Rp 20-30 ribu/ kg,” kata Jokowi saat rapat terbatas lewat video conference dari Istana Kepresidenan, Bogor, kemarin. 

Menurut data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) nasional, sejumlah harga makanan pokok naik selama bulan ini. 

Rata-rata harga gula pasir lokal di seluruh pasar tradisional mencapai Rp 18.450/ kg. Harga gula pasir naik 23,4 persen dibanding harga 3 Maret lalu. Adapun harga bawang putih di dalam negeri masih berada di kisaran Rp 45 ribu/kg. 

Baca juga : Pertamina Patra Niaga Salurkan Bantuan APD Melalui ILUNI FIK

“Kita harapkan Minggu depan semua sudah normal. Kita harus memastikan distribusi logistik ini lancar sehingga bahan pokok tersedia di pasarpasar,” ujarnya. 

Menurutnya, selama ini terjadi gangguan distribusi karena ada beberapa daerah yang memblokir jalan akibat wabah corona. 

“Saya harapkan Mendagri tegur daerah yang memblokir jalannya di daerah agar urusan distribusi logistik tidak terganggu. Saya dapat laporan dari 3 daerah, beras terganggu karena jalan ditutup. Tolong kepala daerah diberitahu ini,” ujarnya. 

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan, Suhanto menuturkan secara umum harga kebutuhan pokok sepanjang Maret relatif stabil dibanding bulan sebelumnya. 

Baca juga : Hasil Sidak Mentan, Pasokan Daging Aman Hingga Lebaran

Namun, Suhanto mencatat masih ada kenaikan terhadap beberapa kebutuhan pokok, yaitu gula pasir naik 25,5 persen menjadi Rp 18.200/kg, bawang merah naik 15 persen menjadi Rp 41.400/kg, serta cabe rawit merah naik 21,8 persen menjadi Rp 53.200/kg. 

Namun, Suhanto mengatakan, pasokan barang kebutuhan pokok cukup untuk memenuhi kebutuhan sampai dengan Ramadan dan menjelang Lebaran. 

“Khusus untuk komoditi gula pasir dan bawang putih saat ini sedang diupayakan penambahan pasokan melalui impor dan penugasan ke BUMN,” ujarnya. 

Ketua Umum Ikatan Pedagang Pasar Tradisional (Ikappi), Abdullah Mansuri mengatakan, gula ini harus menjadi perhatian. Karena harganya sudah lebih dari Rp 18 ribu/kg. “Dalam 5 tahun terakhir, harga gula belum pernah mencapai Rp 18 ribu/kg,” katanya. 

Baca juga : Alhamdulillah, Jokowi Gratiskan Pelanggan PLN 450 VA Selama 3 Bulan

Bahan pangan yang harus mendapatkan perhatian lebih selanjutnya adalah bawang merah.Menurut Abdullah, bawang merah sudah sekitar Rp 47-48 ribu/kg. Sementara, biasanya harga bawang merah hanya berkisar Rp 35 ribu/per kg. 

Abdullah mengatakan, harga bawang putih saat ini memang dalam kategori stabil tinggi, mengingat harga bawang putih sudah relatif tinggi dalam beberapa bulan terakhir. 

Padahal, seharusnya harga normal bawang putih berkisar Rp 28-30 ribu/kg.Bukan hanya dua komoditas tersebut, kata Abdullah, harga cabe masih cukup tinggi. Khusus untuk cabe merah besar, saat ini harga di Jakarta sudah mencapai Rp 47 ribu/kg, lalu ada pula cabe rawit merah yang mencapai Rp 58 ribu/kg. 

“Untuk cabe pasokannya ada, tetapi dapat dari pengepul sudah tinggi, memang sejak Januari memang sulit untuk turun ke angka normal,” ungkapnya. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.