Dark/Light Mode

Ultah ke-59

Jokowi Anti Tiup Lilin

Senin, 22 Juni 2020 05:49 WIB
Foto ini diunggah Presiden Jokowi di akun Twitter @jokowi saat menjawab ucapan selamat ulang tahun kepada dirinya, kemarin.
Foto ini diunggah Presiden Jokowi di akun Twitter @jokowi saat menjawab ucapan selamat ulang tahun kepada dirinya, kemarin.

RM.id  Rakyat Merdeka - Kemarin, Presiden Jokowi berulang tahun ke-59. Berbagai ucapan selamat muncul dari banyak kalangan. Di dunia maya, tagar #HBD59Jokowi jadi trending topic. Namun, sama seperti tahun-tahun sebelumnya, Jokowi tak membuat perayaan. Termasuk potong kue dan tiup lilin. 

Hingga tadi malam, tagar #HBD59Jokowi di Twitter masih bertengger di jajaran trending topic. Sementara #HBD59Jokowi, yang muncul sejak pagi, cukup lama memuncaki trending topic Tanah Air.

Tokoh-tokoh yang mengucapkan selamat ulang tahun ke Jokowi antara lain Basuki Tjahaja Purnama. “Selamat Ulang Tahun Pak Presiden @jokowi, selalu diberikan kesehatan, kebahagiaan dan semangat untuk terus mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia #HBD59Jokowi,” cuitnya di akun @basuki_btp.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memposting video mengucapkan kata selamat dan berdoa agar Presiden terus dalam keadaan kesehatan. “Selamat Ulang Tahun Pak @jokowi sehat selalu...  #HBD59Jokowi,” tulis @ganjarpranowo.

Berita Terkait : Jokowi Ulang Tahun, Tagar #HBD59Jokowi Trending

Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo juga mengucapkan selamat. “Selamat Ulang Tahun Presiden RI Bpk Joko Widodo. Semoga di tangan Pak @Jokowi, bangsa Indonesia bisa makin maju dan menjadi bangsa yang besar. *HT,” cuitnya di @Hary_Tanoe.

Di Instagram, ucapan ulang tahun kepada Jokowi juga menggema. Salah satunya, disampaikan Ketua DPR Puan Maharani di akun @puanmaharaniri. “Selamat ulang tahun ke-59 Pak Presiden @jokowi. Sehat dan semangat selalu untuk kerja kerja kerja memajukan Indonesia. #jokowi #Indonesia,” tulis Puan.

Jokowi baru menyahuti ucapan-ucapan tersebut sekitar pukul 4 sore. Memasang foto lawas, ketika tengah melambaikan tangan dari pintu helikopter, Jokowi menyampaikan terima kasih atas segala perhatian dan doa semua pihak di hari kelahirannya.

"Setiap kali usia bertambah, saya hanya bisa mengucap syukur ke hadirat Allah SWT atas segala rahmat-Nya kepada saya dan keluarga. Semoga kita semua senantiasa mendapat perlindungan dari Allah Yang Maha Kuasa," cuit Kepala Negara di akun Twitter @jokowi.

Baca Juga : China Bisa Dikeroyok AS, Jepang dan India

Di Facebook dan Instagram, Jokowi menulis sedikit lebih panjang. Jokowi mengaku tidak terbiasa merayakan hari ulang tahun. "Sekali lagi, terima kasih," tulisnya.

Memang, selama menjabat sebagai Presiden, Jokowi tak terlihat pernah mengadakan perayaan ulang tahun. Tahun lalu, misalnya. Ketika Ultah ke-58, Jokowi tampak keberatan ketika dirayakan wartawan Istana. Saat disuguhkan kue ulang tahun lengkap dengan 5 lilin yang menyala oleh awak media, Jokowi enggan meniup lilin tersebut.

Sambil tersenyum, Jokowi hanya mengucapkan terima kasih. Ketika terus didesak wartawan untuk meniup lilin, Jokowi hanya mengipas-ngipas api lilin tersebut dengan tangan hingga padam. 

Demikian juga ketika Ultah yang ke-57. Jokowi juga memilih blusukan ke Tangerang, Banten. Saat itu ia meninjau proyek pembangunan Taxy Way dan Runway 3 di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta. Sementara saat Ultah ke-56, Jokowi malah blusukan ke Bogor dan Sukabumi.

Baca Juga : Dokter Imbau Jangan Parno Hadapi Covid-19

Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman menyatakan, Jokowi memang tidak mau menggelar perayaan ulang tahun. "Tidak ada kegiatan perayaan," kata Fadjroel kepada Rakyat Merdeka, tadi malam.

Soal tiup lilin, rupanya masih ada warganet yang tahu Jokowi anti dengan hal ini. Masih ada beberapa warganet yang meminta Jokowi tiup lilin. "Selamat ultah pak @jokowi Selamat dunia & akhirat. Tiup lilinnya pak," cuitnya @Tanpanama270520 sambil memasang gif api lilin yang bergoyang. 

Warganet lain yang sudah tahu, mencoba mengingatkan. "Pak Jokowi kyak a anti niup-niup lilin, makanya ga ada perayaan Ultah sama kue tart ala-ala...," tulis @rakyat_biasa12. [SAR/BSH]