Dark/Light Mode

Imbas Wabah Corona

Survei LSI: Pendukung Capres 01 dan 02 Sama sama Ekonomi Memburuk

Rabu, 8 Juli 2020 09:48 WIB
Pendukung Jokowi-Amin sama terdampak ekonominya memburuk akibat wabah corona.
Pendukung Jokowi-Amin sama terdampak ekonominya memburuk akibat wabah corona.

RM.id  Rakyat Merdeka - Lingkaran Survei Indonesia (LSI), Denny JA menyatakan, hampir semua pihak merasakan kondisi ekonominya terpuruk selama pandemi wabah corona. 

Kondisi itu terjadi, baik di kelas ekonomi atas, wong cilik, berpendidikan tinggi maupun rendah, tua maupun muda serta pendukung pasangan Jokowi- Maruf maupun lawannya Prabowo-Sandiaga Uno di Pilpres 2019, yang bermukim di zona merah juga sama merasakan kondisi ekonominya terpuruk.

Baca juga : Hasil Survei BI: Keyakinan Konsumen Membaik

Di segmen pemilih PDI Perjuangan, sebanyak 77.8 persen ekonominya memburuk. Termasuk konstituen Golkar, sebanyak 74.2 persen juga sama memburuk. 

Sedangkan pemilih PKS, yang biasanya pemilih muslim kelas menengah yang tinggal di kota, sebanyak 70.7 persen ekonominya juga memburuk.

Baca juga : Luhut: Utang Naik Tapi Masih Aman

"Mereka sama sama merasakan kondisi ekonomi kian memburuk. Di pemilih Jokowi-Maruf, sebanyak 76.3 persen merasa ekonominya memburuk. Sementara di Prabowo-Sandiaga 74.2 persen juga sama ekonomi memburuk di tengah pandemi Covid-19," kata peneliti LSI Denny JA, Ardian Sopa, Selasa (7/07).

Untuk diketahui, survei LSI Denny JA dilakukan dengan metode multi stage random sampling dengan melibatkan 8.000 responden. 

Baca juga : Pertumbuhan Ekonomi Diramal Tak Seburuk 98

Responden tersebar, di 8 Provinsi besar, yakni DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Banten, Sulawesi Selatan, Sumatera Utara, dan Bali. Margin of error berkisar pada 2,05 persen. Survei berlangsung pada 8-15 Juni. [FAQ] 
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.