Dark/Light Mode

Hasil Survei BI: Keyakinan Konsumen Membaik

Senin, 6 Juli 2020 13:23 WIB
Bank Indonesia. (Foto: ist)
Bank Indonesia. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hingga Juni 2020, survei konsumen Bank Indonesia (BI) mencatat keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi membaik meski masih di bawah level 100.

Hal tersebut tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) sebesar 83,8 pada Juni 2020, meningkat dari 77,8 pada Mei 2020. Keyakinan konsumen terpantau membaik pada seluruh kategori responden, baik menurut tingkat pengeluaran maupun kelompok usia. 

Baca juga : Retno Marsudi Paling Stylish, Sri Mulyani Konsisten Berbusana Klasik

"Secara spasial, keyakinan konsumen membaik di 14 kota survei, dengan perbaikan tertinggi di kota Mataram, diikuti Jakarta dan Samarinda," jelas Direktur Eksekutif, Kepala Departemen Komunikasi BI Onny Widjanarko, Senin (6/7).

Menurut Onny, membaiknya optimisme konsumen disebabkan oleh menguatnya ekspektasi konsumen terhadap perkiraan kondisi ekonomi pada 6 bulan mendatang. Hal itu seiring dengan prakiraan meredanya pandemi Covid-19 di Indonesia. 

Baca juga : Hasil Survei Steam, Internet Moratelindo Paling Ngebut

Penguatan di sisi ekspektasi terutama ditopang oleh prakiraan ekspansi kegiatan usaha yang meningkat pada enam bulan mendatang. "Di sisi lain, persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini terpantau masih rendah dan kembali melemah, terutama disebabkan oleh penurunan optimisme konsumen terhadap pembelian barang tahan lama," katanya. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.