Dark/Light Mode

Ignasius Jonan Urus Orang Miskin Dan Hidroponik

“Kalau Selesai, Ya Selesai, Saya Gak Mau Ngerecokin”

Sabtu, 11 Juli 2020 06:22 WIB
Mantan Menteri ESDM Ignasius Jonan pada acara Ngopi Pagi Rakyat Merdeka. (Foto: ist)
Mantan Menteri ESDM Ignasius Jonan pada acara Ngopi Pagi Rakyat Merdeka. (Foto: ist)

 Sebelumnya 
Selanjutnya, ini yang patut dicontoh oleh siapapun. Urusan sosialnya. Jonan benar-benar peduli akan nasib orang-orang miskin.

Dia rajin memberikan makanan ke warga yang membutuhkan di depan rumahnya. Makanan ini dibagikannnya menggunakan mobil. Ada juga yang dia bagikan langsung sendiri.

Sebelum pandemi, kata dia, 100 box makanan habis dalam waktu dua jam. Tapi kini, saat pandemi menyerang, 100 box makanan lenyap dalam waktu 10 menit.

Baca juga : Heran, Kalau Pas Pemilu Orang Gila Saja Terdata

Kegiatan sosial lainnya yang diurus adalah menyantuni yatim piatu di berbagai daerah. Seperti di Aceh, Jawa Barat, Jawa Timur, bahkan sampai ke Maluku. "Mengurus panti asuhan ini sudah sejak lama. Sekarang, malah lebih banyak lagi," uangkapnya.

Ditanya apakah mau masuk kabinet lagi kalau ditawari Presiden? Jonan menjawab, tanpa masuk di pemerintahan, dia tetap bisa bekerja untuk negara. Misalnya, dengan sejumlah kegiatan yang dilakukannya saat ini. Mulai dari berbagi makanan hingga menjadi motivator untuk perusahaan. "Kegiatan semacam ini langsung membantu rakyat," katanya.

Lantas dia mengutip prinsip hidup James Mattis, eks Menteri Pertanahan Amerika Serikat, yang juga sempat menjabat Panglima Komando Pusat Negeri Paman Sam. 

Baca juga : Ada Corona Pun, Teroris Tetap On

“Kalau suatu hari diminta lagi mau gak? Selama saya bisa, saya gak pernah menolak panggilan bekerja untuk bangsa. Cuma saya gak cari-cari. Gak lobi kanan kiri berusaha masuk lagi,” tegasnya.

Di akhir obrolan, Jonan menceritakan kenangan tak terlupakannya saat di pemerintahan. Kata dia, meskipun dirinya menjabat sebagai menteri, masyarakat lebih mengenalnya sebagai “Bos Kereta”. 

Dia mengisahkan, pernah mendampingi Presiden Jokowi meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) di Lahendong dan Tomohon, Sulawesi Utara. “Rakyat nyapa saya Bos Kereta Api. Gak pernah menteri,” kenangnya. [MEN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.