Dark/Light Mode

Terapkan Protokol Kesehatan

Destinasi Wisata Nusa Penida Mulai Dibuka

Jumat, 10 Juli 2020 20:06 WIB
Destinasi Wisata Nusa Penida Bali
Destinasi Wisata Nusa Penida Bali

RM.id  Rakyat Merdeka - Pariwisata di Pulau Nusa Penida bakal dibuka kembali. Sesuai anjuran pemerintah destinasi wisata akan menerapkan protokol kesehatan untuk meminimalisir penyebaran corona (Covid-19).

Bupati Klungkung Bali, I Nyoman Suwirta mengatakan, fasilitas untuk penerapan protokol kesehatan akan dipastikan selalu siap sesuai kebutuhan.

"Kami tentu harus memastikan agar seluruh fasilitas umum termasuk tempat pariwisata untuk menerapkan protokol kesehatan. Karena kita sudah mulai fase tatanan baru," jelas Suwirta, saat ditemui di kantornya Jumat sore (10/07).

Bupati Suwirta menerangkan, rencananya Nusa Penida akan dibuka secara bertahap. Untuk wisatawan dari berbagai daerah pada akhir bulan.

Baca juga : Asosiasi Minta Bisnis Alih Daya Diperhatikan

"Mulai hari ini kami buka objek wisata untuk tamu lokal yang ada di Bali. Lalu di tanggal 31 Juli kami akan buka objek pariwisata untuk wisatawan Nusantara," katanya.

Bahkan tidak hanya untuk wisatawan dalam negeri. Dia berencana jika memungkinkan pada September nanti akam dibuka untuk turis asing.

"Nah pada 11 September mendatang kami akan buka untuk wisatawan Mancanegara. Semoga langkah ini bisa berjalan dengan baik,” papar Suwirta.

Namun demikian dia memastikan akan membantu kesiapan Nusa Penida dalam menyambut Tatanan Kehidupan Era Baru.

Baca juga : Suku Baduy Minta Dicoret dari Destinasi Wisata

“Untuk Nusa Penida, Kami masih akan melakukan pengecekan dan peninjauan kesiapan, karena disana ada beberapa yang dikelola perorangan. Kami Pemkab Klungkung pasti akan hadir untuk membantu protokol kesehatannya, semoga dengan seluruh upaya ini bisa memberikan hasil yang maksimal,” jelas Suwrita.

Terpisah, Gubernur Bali I Wayan Koster mengaku sudah memantau kondisi area wisata tersebut. Pihaknya telah memberi izin pembukaan lokasi wisata di Klungkung.

"Kemarin saya telah meninjau lokasi. Destinasi wisata Klungkung khususnya yang ada di Kabupaten Klungkung Daratan, telah siap dibuka untuk wisatawan dengan menerapkan Protokol Tatanan Kehidupan Era Baru klungkung sudah sangat baik", ungkap Gubernur Koster.

Gubernur Koster menambahkan wisatawan bisa datang ke bali tanpa rapid test.

Baca juga : APP Sinar Mas Perkuat Sistem Pencegahan Karhutla Di Jambi

"Wisatawan Nusantara baru dapat mengunjungi destinasi wisata di Bali secara bebas tanpa perlu membawa hasil rapid test pada 30 Juli 2020", tutur Koster.

Penerapan Protokol Tatanan Kehidupan Era Baru yang telah siap diantaranya objek wisata Kerta Gosa dan Monumen Puputan Klungkung, Swalayan Cahaya Melati dan Swalayan Inti Srinadi. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.