Dark/Light Mode

Ngaku Bukan Arab, Anies: Saya Jawa Tulen

Kamis, 16 Juli 2020 19:46 WIB
Tangkapan layar saat Gus Miftah ngobrol dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan via Instagram, Kamis (16/7).
Tangkapan layar saat Gus Miftah ngobrol dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan via Instagram, Kamis (16/7).

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengaku orang Jawa dan Yogya tulen. Bukan Arab. Selain itu, Anies mengaku termasuk dalam golongan ahlussunnah wal jamaah.

Jawaban ini diketahui dari akun Instagram Gus Miftah @gusmiftah. Kiai nyentrik asal Jogjakarta yang tenar karena berdakwah di tempat hiburan malam. 

Melalui unggahan video, Gus Miftah nampak datang ke Kantor Balai Kota Provinsi DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Kamis (16/7). Mengenakan masker, keduanya ngobrol santai. 

Baca juga : Aishwarya Rai Kena Corona

"Saya hari ini bersama Mas Anies. Njenengan iki (Anda ini) Arab apa Jawa sih mas?" tanya Gus Miftah yang memakai blangkon hitam berstrip hijau. 

"Wong Yogjo (Orang Yogya) senengane gudeg (hobinya makan gudeg)," jawab Anies dengan logat Jawa Jogja yang kental.

"Banyak orang bertanya apakah Mas Anies amaliahnya sama kayak Gus Miftah? Beliau itu ahlussunnah tulen. Amaliahnya juga ahlussunah, orang ijo (hijau) seperti kita," kata pengasuh Pondok Pasantren Ora Aji, Kalasan, Sleman, Yogyakarta ini.

Baca juga : Makin Edan, Anies Minta Warga DKI Tak Anggap Enteng Covid-19

Hijau yang dimaksud Gus Miftah adalah warna Nahdlatul Ulama (NU), organisasi massa Islam terbesar di Indonesia. 

Dia mengajak publik tak berburuk sangka dengan mantan Mendikbud ini. "Makanya kalau enggak tahu lebih baik bertanya. Kalau soal bernegara, saya tanya Mas Anies. Kalau amaliah, beliau tanya saya. Jangan ragukan amaliah Mas Anies," ujar Gus Miftah.

"Salam untuk semuanya. Kita kerja terus untuk Indonesia, Nusantara. Untuk memastikan semuanya makmur, adil. Salam ahlussunnah wal jamaah," pungkas Anies.

Baca juga : Andika, Tunjukin Keperkasaanmu

Melengkapi unggahan video, Gus Miftah memposting kembali percakapan dengan Anies sebagai caption. "Mas @aniesbaswedan sampean ki orang Arab apa Jawa? Jogja tulen dari lahir Guuuuuusss. Amaliah Mas Anies? Ya ahluss sunna wal jamaahlah," tulis Gus Miftah.

Unggahan Gus Miftah telah ditonton lebih dari 42 ribu netizen. Komentarnya pun pada adem. "Sehat-sehat Gus dan Pak Anies," tulis @muslihudin751 serupa dengan @daniszakiyuddin. "Alhamdulillah ijo-ijo." [FAQ]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.