Dark/Light Mode

Heboh Foto Pasien Covid Dibungkus Plastik

Ada Yang Bilang Estetis, Ada Yang Bilang Gak Etis

Selasa, 21 Juli 2020 06:49 WIB
Foto jenazah covid yang dibungkus plastik hasil jepretan Joshua Irwandi, fotographer dari Majalah National Geographic yang viral di medsos. (Foto: Instagram)
Foto jenazah covid yang dibungkus plastik hasil jepretan Joshua Irwandi, fotographer dari Majalah National Geographic yang viral di medsos. (Foto: Instagram)

 Sebelumnya 
Postingan Joshua ini mendapat banyak respon. Di-like 316 ribuan dan dikomentari 7 ribu lebih netizen. Ada yang mendukung, tidak sedikit pula yang mengkritiknya.

Salah satu yang mempermasalahkan foto tersebut adalah Musisi Anji. Lewat akun Instagram @duniamanji, Anji mengunggah foto tersebut dan menyatakan gambar yang diambil Joshua itu mengandung sejumlah kejanggalan.

“Tiba-tiba secara berbarengan foto ini diunggah oleh banyak akun-akun berfollower besar dengan caption seragam. Sebagai orang yang familiar dengan dunia digital, buat saya ini sangat tertata. Seperti ada KOL (Key Opinion Leader) lalu banyak akun berpengaruh menyebarkannya. Polanya mirip. Anak agency atau influencer/buzzer pasti mengerti,” tulis @duniamanji.

Baca juga : Kalau Yang Kecil Kelaparan, Yang Kaya Bakal Ikutan Mati

“Dalam kasus kematian (yang katanya) korban cvd, keluarga saja tidak boleh menemui. Ini seorang fotografer, malah boleh. Kalau kamu merasa ini tidak aneh, artinya mungkin saya yang aneh,” sambungnya.

Cuitan Anji itu menuai polemik. Ada yang mengecam tapi ada juga yang mendukung. Bahkan sampai organisasi pewarta foto Indonesia (PFI) ikut mengecam Anji. Sementara itu, mereka yang satu pemikiran dengan Anji juga ikut menyampaikan pandangannya.

“Orang HIV Aids meninggal aja gak segininya kaya corona ya. Jenazahnya dibungkus plastik, bodybag 2 lapis, masuk ke peti, terus dilem, abis itu dipaku permanen, disemprot disinfektan, yang gotong cuma empat orang,” ungkap @hrsdn.

Baca juga : Setiap Hari Senam Pagi, Tingkat Kesembuhan Tinggi

“Gua pikir jenazah covid yang diplastikin itu maksudnya dimasukin kantong plastik kaya angkut jenazah gitu. Ternyata dibungkus pake plastik. Kaya koper di plastik wrape. Pusing,” pungkas @indsane.

Sedangkan, sebagian netizen mengapresiasi foto tersebut. “Jenazah terinfeksi Covid-19 itu highly contagious. Sangat logis jika jenazah ditutup secara rapat sebelum dibawa ke ruang jenazah untuk dipetikan, supaya menghindari kontaminasi di area lain,” cuit @NyimasLaula.

Lalu dibenarkan oleh @shintatnihs. “Lagian di panduan mengurus jenazah pasien covid emang bener harus dibungkus plastik,” tambahnya. [MEN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.