Dark/Light Mode

Dari 1.308, Tinggal 690 Yang Masih Positif

Jumlah Siswa Secapa AD Yang Sembuh Dari Covid, Terus Bertambah

Kamis, 23 Juli 2020 11:49 WIB
Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Jenderal Andika Perkasa (Foto: Antara)
Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Jenderal Andika Perkasa (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebanyak 618 siswa Sekolah Calon Perwira (Secapa) AD, kini telah dinyatakan sembuh, berdasarkan hasil swab test hingga Kamis (23/7) pagi.

Hal ini diungkap Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal Andika Perkasa, melalui keterangan tertulis, Kamis (23/7).

"Hasil lab PCR (Polymerase Chain Reaction) dari swab test lanjutan pasien di Secapa AD sampai dengan pagi (23/7) ini, dilaporkan ada tambahan 146 pasien yang dinyatakan negatif Covid-19," kata Andika melalui penyataan tertulisnya, di Jakarta, Kamis (23/7).

Baca juga : Kasus Baru Masih di Atas 1.000, Angka Sembuh Masih Di Bawah Rata-rata Global

Bertambahnya jumlah pasien Covid-19 yang sembuh membuktikan, penanganan pasien Covid-19 di kluster Secapa AD berjalan dengan baik.

Jumlah siswa  Secapa AD yang baru dinyatakan sembuh ini, otomatis mengurangi jumlah siswa positif Covid-19, dari semula 1.308 menjadi 690 orang. 

12 dari 690 siswa Secapa AD yang masih positif Covid itu masih dirawat di RS TNI AD Dustira, Bandung. Sementara, 678 lainnya berada di Secapa AD (isolasi) tanpa keluhan apa pun.

Baca juga : Senayan Ingatkan Kembali Menteri Kudu Kerja Keras

Dalam mendukung penanganan Covid-19, Kasad sudah menjalin kerja sama terkait penelitian yang dilakukan oleh RS Unair terkait obat Covid-19.

Pada Kamis (16/7) lalu, laboratorium PCR kedua mulai dioperasikan di RS TNI AD Sariningsih, Bandung. Hal ini dilakukan untuk mempercepat pelayanan pemeriksaan spesimen hasil tes usap di Bandung dan sekitarnya, setelah pengoperasian laboratorium PCR di RSPAD Gatot Soebroto.

Pengoperasian tersebut merupakan bagian dari pengadaan 68 laboratorium PCR untuk 68 RS TNI AD di seluruh Indonesia. Bentuk dukungan TNI AD pada Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19.

Baca juga : Politisi PDIP: Saya Khawatir Korban Covid-19 Bertambah

Segala upaya TNI AD, baik dalam pengadaan alat kesehatan tenaga medis hingga kerja sama dengan rumah sakit lain, ditujukan untuk menekan penyebaran virus Covid-19.

Kasad juga telah meminta Kepala Pusat Kesehatan Angkatan Darat (Kapuskes AD) Brigjen TNI Asrofi Sueb Surachman, untuk mempercepat koordinasi pelaksanaan uji klinis kombinasi obat COVID-19 dengan seluruh Kepala RS TNI Angkatan Darat. [OKT]

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.