Dark/Light Mode

Temui Yudian, GM FKPPI Dukung Pengokohan BPIP

Kamis, 23 Juli 2020 21:07 WIB
Pengurus Pusat Generasi Muda Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI-Polri (GM FKKPI) bertemu Kepala BPIP Yudian Wahyudi. (Foto: ist).
Pengurus Pusat Generasi Muda Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI-Polri (GM FKKPI) bertemu Kepala BPIP Yudian Wahyudi. (Foto: ist).

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengurus Pusat Generasi Muda Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI-Polri (GM FKKPI) siap mengawal pembahasan RUU BPIP. Agar kelak BPIP bisa makin optimal menjalankan program implementasi nilai-nilai Pancasila

Dukungan ini disampaikan para pengurus GM FKPPI kepada pimpinan BPIP dalam rapat audiensi di Gedung BPIP, Jalan Veteran III, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (24/7). 

Wakil Ketua Umum GM FKPPI, Agoes Soerjanto mengatakan, sebagai OKP mendukung kebijakan pemerintah dalam mengokohkan kembali implementasi nilai nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. 

Sekjen GM FKPPI Ari Garyanida menegaskan, jati diri para kader mereka telah dididik dengan jiwa korsa untuk selalu setia dalam mengawal ideologi bangsa sampai kapanpun.

Baca juga : Sekjen PPP Dukung Penguatan BPIP

"Kita jadi sangat paham bahwa BPIP melalui Perpres Nomor 7 tahun 2018  tugas utamanya melindungi NKRI dari ancaman ideologi komunis, liberalisme/kapitalisme dan radikalisme/ektrimisme keagamaan," papar putra Polri asal Jawa Barat itu.

Agoes Soerjanto menambahkan, pembinaan mental ideologi bukan hanya tanggung jawab Pemerintah, tapi tanggung jawab segenap komponen bangsa. 

"Karenanya, kita mendukung upaya pemerintah untuk memberikan payung hukum yang kokoh dalam upaya pemantapan idiologi melalui pengusulan RUU BPIP yang telah diajukan ke DPR pada 16 Juli lalu," jelasnya. 

GM FKPPI mendukung penuh draft RUU BPIP untuk segera dibahas bersama. Setelah terlebih dahulu memberikan kesempatan kepada semua elemen bangsa memberi masukan agar RUU BPIP dapat menjadi UU BPIP yang bukan hanya memenuhi azas legalitas tapi juga untuk memenuhi azas legitimasi dari masyarakat.

Baca juga : Akademisi Unlam dan UGM Dukung Pengembangan Food Estate Kalteng

"Kami bersyukur dapat pencerahan dari BPIP bahwa tugas dan tanggung jawab pemantapan dan pembinaan mental ideologi bangsa tidak boleh terhenti oleh pergantian setiapnera kekuasaan pemerintah, Presiden boleh selalu ganti, tapi tanggung jawab pembinaan Pancasila harus dilestarikan sepanjang masa," beber Agoes. 

Sementara itu, Kepala BPIP Yudian Wahyudi menyambut baik dukungan dari GM FKPPI. Pihaknya ingin Pancasila bisa dirasakan di semua lini kehidupan. "Terima kasih PP GM FKPPI memberikan support kepada BPIP, utamanya dalam turut membumikan Pancasila, melalui pengokohan lembaga BPIP," ujarnya.

Pihaknya akan terbuka kepada semua pihak untuk bekerjasama dalam program pembinaan mental ideologi bangsa berdasarkan Pancasila. "Sebagai organisasi kader, GM FKPPI memiliki program pembinaan berjenjang mulai tingkat cabang, daerah dan pusat. Ini perlu ditindaklanjuti," tutur Yudian. 

Apresiasi terhadap dukungan GM FKPPI juga diutarakan Wakil Kepala BPIP, Hariyono. "Pancasilais sejati itu kan salah satu contoh. Ibaratnya kalau ada saudaranya yang sedang susah, dia datang untuk memberikan semangat, bukan sebaliknya datang hanya saat senang saja," ucapnya. 

Baca juga : Komisi IV Dukung Penambahan Anggaran Kementan

Ditegaskan, BPIP punya tanggung jawab untuk mengamankan Pancasila. Soalnya, Pancasila sudah terpantau semakin surut di era seperti saat ini. Kalau kondisi itu dibiarkan, persatuan dan kesatuan bangsa bisa terancam oleh ideologi lain.

Sementara Sekretaris Utama BPIP Karjono mengatakan, senantiasa menampung aspirasi masyarakat. Untuk itu, ia mengajak semua pihak saling menjunjung tinggi proses pembentukan peraturan perundang-undangan kepada DPR dan pemerintah dengan tetap mendengarkan suara rakyat. [GO]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.