Dark/Light Mode

Wapres Ma`ruf Amin Sholat Idul Adha Di Rumah Dinas

Kamis, 30 Juli 2020 21:45 WIB
Wakil Presiden KH Ma`ruf Amin. (Foto: Instagram)
Wakil Presiden KH Ma`ruf Amin. (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin dijadwalkan melaksanakan shalat Idul Adha 1441 Hijriah di Pendopo Rumah Dinas Wapres, Jalan Diponegoro Nomor 2, Jakarta Pusat.

Shalat akan digelar dengan sang Istri, Wury Ma’ruf Amin. Sholat Ied dilaksanakan besok pagi, Jumat (31/7) pukul 07.00 WIB,dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Ma'ruf akan bertindak sebagai imam sholat dan khatib.

Setelah sholat Ied, Ma'ruf akan beranjak ke Pondok Pesantren (Ponpes) An Nawawi Tanara di Serang, Banten, untuk melaksanakan kurban. Rencananya, Ma'ruf akan menyerahkan sapi Limosin seberat 878 kg.

Baca juga : Idul Adha di Masa Pandemi

Selain di Ponpes An Nawawi Tanara, Ma'ruf melaksanakan kurban di Masjid Istiqlal. Dia menyerahkan sapi peranakan ongole (PO) berbobot 936 kg. Hewan kurban itu telah diserahkan Kamis (30/7) pagi oleh Deputi Bidang Administrasi Sekretariat Wakil Presiden, Guntur Iman Nefianto, kepada Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid.

Sapi kurban lalu diserahkan kepada Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar untuk dikurbankan pada hari raya.

Presiden Jokowi juga menyerahkan sapi berjenis Ongole untuk dikurbankan di Masjid Istiqlal. Sapi ini berasal dari Tulang Bawang, Lampung, dan memiliki bobot 1.088 kilogram.

Baca juga : Anak-anak Dan Lansia Baiknya Shalat Idul Adha Di Rumah Saja

Dalam suasana pandemi Covid-19, Wapres mengajak seluruh umat Islam untuk merayakan Idul Adha dengan khidmat. Masyarakat diminta tak mengabaikan protokol kesehatan baik dalam pelaksanaan shalat maupun penyembelihan hewan kurban.

“Marilah kita rayakan Idul Adha dengan tetap memegang aturan-aturan kesehatan dan marilah kita perkuat iman dan ketakwaan kita,” pesan Ma'ruf dalam keterangan tertulis, Kamis (30/7).

Sementara itu, dalam keterangan video, Wapres Ma’ruf Amin mengingatkan, Idul Adha adalah momen untuk memaknai keteladanan Nabi Ibrahim yang mengorbankan Nabi Ismail, anak yang dicintainya.

Baca juga : Dapat Sehatnya, Nambah Duitnya

"Di sini terdapat nilai keteladanan bagi kita, bahwa untuk mencapai tujuan mulia dibutuhkan suatu pengorbanan," tuturnya. Wapres pun berpesan perayaan Idul Adha bisa dijadikan momen untuk memaknai pengorbanan dengan membantu sesama yang terdampak pandemik Covid-19.

"Pandemi Covid-19 mendorong kita untuk memaknai pengorbanan lebih dari sekadar ritual penyembelihan hewan kurban, namun dapat memperbanyak amal ibadah kita dengan berbagi kebaikan dengan membantu sesama melalui apa yang kita miliki," pesan eks Rais Aam PBNU itu.

"Banyak saudara sebangsa dan setanah air sangat membutuhkan uluran tangan kita," imbuh Ma'ruf. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.